Siap-siap, Pesawat Kedua Super Hercules C-130J Buatan AS Akan Segera Perkuat TNI AU

VIVA Militer: Pesawat Super Hercules C-130J buatan AS perkuat TNI AU
Sumber :
  • Dispenau

Jakarta – TNI AU Akan kedatangan pesawat Super Hercules C-130J kedua yang dibeli pemerintah Indonesia dari perusahaan ternama Lockheed Martin, Amerika Serikat.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Pesawat militer jenis angkut super jumbo pabrikan Amerika Serikat itu dijadwalkan akan tiba di Tanah Air, tepatnya di Lanud Halim Perdanakusuma pada hari Rabu besok, 28 Juni 2023.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenau, Selasa, 27 Juni 2023, pesawat dengan tail number A-1340 itu saat ini telah menjalani penerbangan pengantaran ( fery flight) dengan jarak yang panjangnya separuh lingkaran bumi dari pabriknya,  Lokcheed Martin, AS menuju Jakarta Indonesia.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

"Pesawat mengawali penerbangan pada Jumat (23/6) kemarin dan take off dari Marietta di barat laut kota Atlanta Georgia AS pukul 09.00 waktu setempat, menuju San Diego AS, dan setelah melewati Samudra Pasifik dan singgah di Kepulauan Hawai, Kepulauan Marshall dan Kep. Guam, diperkirakan akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Rabu (28/6/2023), pukul 14.24 Wib," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI R. Agung Sasongkojati.

Kadispenau menambahkan, Pesawat Super Hercules kedua TNI AU diterbangkan langsung oleh lima orang kru pabrik Lockheed Martin, terdiri dari tiga orang test pilot, seorang enginer dan seorang loadmaster.  

AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit

Pesawat akan menjalani penerbangan dalam lima etape ferry flight.  Rute yang akan ditempuh berturut-turut pada Jumat (23/6) Marietta - San Diego (5 jam 36 menit),  Sabtu (24/6) San Diego - Honolulu Hawai (7 jam 36 menit), Minggu (25/6) Honolulu - Kwajalien/Marshall Island (7 jam).

Selanjutnya, Senin (26/6) Kwajalien - Guam (4 jam 30 menit) dan Rabu (28/6) Guam - Jakarta (8 jam 24 menit).

Untuk diketahui, Pesawat Super Hercules C-130 J A-1340 merupakan pesawat kedua dari lima yang dipesan pemerintah melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk TNI AU.  Sementara pesawat yang  pertama sudah datang pada awal Maret 2023 lalu.   

Rencananya pesawat ketiga akan datang pada Juli  2023, dilanjutkan pesawat keempat pada Oktober 2023 dan pesawat kelima pada Januari 2024.

Kelima pesawat akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, untuk melaksanakan tugas-tugas TNI Angkatan Udara dalam mendukung angkutan udara baik untuk misi Operasi Militer Perang (OMP) maupun Opersi Militer Selain Perang (OMSP).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya