3 Pejabat Korem 071 Diganti, Eks Komandan Batalyon Rahasia Kopassus TNI Melesat Jadi Dandim Cilacap

VIVA Militer: Serah terima jabatan pejabat Korem 071 Wijayakusuma.
Sumber :
  • Korem 071 Wijayakusuma

VIVA – Tiga pejabat penting di jajaran Komando Resor Militer (Korem) 071/Wijayakusuma, Jawa Tengah baru saja diganti secara bersamaan.

Malam Mendebarkan saat Prajurit TNI Temukan Plastik Berisi Bayi Cantik Bernoda Darah

Pergantian ketiga pejabat itu dilaksanakan melalui upacara serah terima jabatan yang dilangsungkan di Gedung Jenderal Sudirman, Markas Korem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas, Kamis 22 Juni 2023, dengan dipimpin langsung oleh Komandan Korem 071, Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Korem 071/Wijayakusuma dilansir VIVA Militer, ketiga jabatan penting yang diserahterimakan antara lain. Jabatan Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0701/Banyumas, jabatan Dandim 0703/Cilacap dan jabatan Dandim 0712/Tegal.

Cuma Pakai 20 Persen Kekuatan, Iran Bikin Israel Babak BelurJender

VIVA Militer: Serah terima jabatan pejabat Korem 071 Wijayakusuma.

Photo :
  • Korem 071 Wijayakusuma

Untuk jabatan Dandim 0701/Banyumas, diserahkan Danrem 071/Wijayakusuma kepada Letnan Kolonel Arm Ida Bagus Adi Purnama. Sebelumnya Letkol Arm Ida Bagus merupakan Komandan Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 3/Naga Pakca, Kodam Diponegoro.

Serang Polsek dan Tembak Mati Alex, OPM Lumpuh Digempur Pasukan Operasi TNI

Kemudian jabatan Dandim 0712/Tegal diserah terimakan dari Letkol Inf Charlie Clay Lorando Sondakh kepada Letkol Inf Suratman. Letkol Inf Charlie melepas jabatan ini karena dipindah ke Semarang untuk mengisi jabatan Waaspers Kasdam IV/Diponegoro. Sedangkan Letkol Inf Suratman sebelumnya merupakan Komandan Secata Kodam Diponegoro.

Selanjutnya adalah jabatan Dandim 0703/Cilacap diserah terimakan dari Letkol Inf Andi Afandi kepada Letkol Inf Andi Yuliazi. Nah pergantian jabatan Dandim Cilacap ini cukup menarik. Sebab, Lektol Inf Andi Afandi dan Letkol Inf Andi Yuliazi sama-sama perwira menengah TNI Angkatan Darat yang dibesarkan di Korps Baret Merah, Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

VIVA Militer: Serah terima jabatan pejabat Korem 071 Wijayakusuma.

Photo :
  • Korem 071 Wijayakusuma

Sebelum ditarik ke Korem 071/Wijayakusuma untuk menjabat Dandim Cilacap, Letkol Inf Andi Yuliazi  berdinas di Pusat Pendidikan dan Latihan Kopassus di Batujajar, Bandung, Jawa Barat sebagai Komandan Sesandha Pusdiklatpassus Kopassus.

Dan yang Letkol Inf Yuliazi juga pernah dipercaya untuk menjabat komandan di salah satu batalyon rahasia Kopassus, yaitu di Batalyon 33 di Grup 3 Kopassus.

Sementara itu, Letkol Inf Andi Afandi menyerahkan jabatan Dandim Cilacap karena beliau ditarik ke Cijantung, Jakarta Timur untuk menjabat Wakil Asisten Operasi Kopassus. Nah Letkol Inf Andi Afandi juga terkenal di Kopassus karena ia pernah mencetak rekor sebagai salah satu prajurit TNI yang pernah melakukan terjun bebas alias Free Fall dari pesawat ketinggian 12.000 feet atau 4 ribu meter dari bumi.

Ketika itu dia terjun bebas dari pesawat untuk mengibarkan bendera Merah Putih berukuran raksasa di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan peristiwa itu tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI), konon juga jadi rekor se-Asia Tenggara lho.

Baca: Peristiwa Berdarah di Sungai Papua, Novila Ball Dilarikan Ayahnya ke Pos Pasukan Gong Emas TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya