Hadiri HUT Ke-62, KSAL Ungkap Peran Penting Kolinlamil Dalam Jaga Kedaulatan Maritim Indonesia

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini memimpin upacara peringatan HUT Ke-62 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang digelar di Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Mayjen TNI Candra Wijaya Rotasi Jabatan Pejabat Utama Kodam XIII/Merdeka, Ini Daftarnya

Di hadapan para prajurit Kolinlamil, Laksamana TNI Muhammad Ali mengingatkan, bahwa 62 tahun Kolinlamil berdiri memiliki peran penting dalam menjaga kedaulatan maritim Indonesia.

KSAL menjelaskan, sebagai negara kepulauan, bangsa Indonesia memiliki pemahaman yang mendalam bahwa laut bukanlah pemisah, laut menjadi benang merah yang menghubungkan ribuan pulau menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Selain itu, lanjut Kasal, interaksi budaya, perdagangan, dan pertukaran ilmu pengetahuan antarwilayah dan suku bangsa terjalin dengan harmonis melalui laut.

Menurut Muhammad Ali, peran laut sebagai pemersatu terus diperkuat melalui berbagai upaya pembangunan yang komprehensif. Dengan demikian, hadirnya kolinlamil memiliki makna strategis yaitu membantu pemerintah dalam upaya penguatan konektivitas maritim, pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan, serta perlindungan dan pengamanan laut.

AKBP Syukur: Seorang Warga Tak Terlibat OPM Dipulangkan ke Keluarganya

"Kolinlamil sebagai kotama operasional, berhasil menyelenggarakan operasi angkutan laut Militer dengan baik," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali ketika menyampaikan amanatnya di Makolinlamil, Senin, 3 Juli 2023.

Di sisi lain, lanjut Laksamana TNI Muhammad Ali, Kolinlamil berperan juga sebagai Kotama pembinaan, telah mengembangkan kemampuan sistem dan kesiapan operasional angkutan laut Militer dengan efektif dan efisien. 

Menurut Kasal, dalam kurun waktu 6 dekade pengabdiannya, Kolinlamil secara konsisten mendukung terwujudnya TNI AL yang profesional, modern dan tangguh. 

Hal ini telah dibuktikan melalui pembangunan kualitas SDM pengawak KRI, pemeliharaan dan perbaikan kapal perang secara terencana, serta pengembangan teknologi tinggi dan strategi angkutan laut militer yang lebih baik. 

Tidak hanya itu, Kasal juga menegaskan, bahwa selama ini Kolinlamil telah mampu menjalin kerjasama dengan para stakeholder maritim lainnya dalam membina potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan dan keamanan yang handal. 

Dengan demikian, dia mengingatkan bahwa HUT ke-62 Kolinlamil yang mengusung tema 'Kolinlamil Kuat Angkatan Laut Hebat, TNI Maju Bersama Rakyat, Indonesia Bangkit Lebih Cepat' harus menjadi momentum untuk memperkuat diri dan satuan agar dapat menjalankan tugas sebagai penggawa maritim nasional.

"Peringatan hari ulang tahun yang ke-62 Kolinlamil hendaknya tidak hanya sekedar kegiatan seremonial rutin belaka, namun jadi momentum untuk mengevaluasi diri, sejauh mana peran dan kiprah Kolinlamil dalam mengabdi kepada bangsa dan negara," ujar Laksamana TNI Muhammad Ali.

"Gelora semangat yang kalian teriakan adalah nyala api yang berkobar dalam diri setiap  prajurit. Tidak ada batas untuk ambisi dan keinginan kalian dalam menjalankan tugas mulia, ketangguhan dan kecakapan menjadikan kalian pionir dalam menjawab panggilan tugas, Dirgahayu ke-62 Komando Lintas Laut Militer," tegas Kasal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya