Mutasi Besar-besaran, Panglima TNI Ganti 7 Pangdam di Indonesia

VIVA Militer: Panglima Laksamana Yudo Margono pimpin Sertijab Pati TNI
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono kembali melakukan rotasi jabatan di lingkungan TNI. Tidak tanggung-tanggung, Perwira Tinggi (Pati) TNI yang kali ini dimutasi atau rotasi sebanyak 96 Perwira Tinggi (Pati) yang terdiri dari 53 Pati TNI AD, 26 Pati TNI AL dan 17 Pati TNI AU.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Dari 53 Pati TNI AD yang dimutasi Panglima TNI, terdapat tujuh Jenderal bintang dua TNI AD yang kini menjabat Panglima Kodam (Pangdam) di sejumlah daerah.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan bahwa rotasi atau mutasi Pati TNI dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan tugas-tugas TNI ke depan yang semakin kompleks dan dinamis. 

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Dari informasi yang diperoleh VIVA Militer, Rabu, 19 Juli 2023, rotasi jabatan itu dilakukan Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Tujuh Pangdam yang dimutasi adalah, Pangdam III/Siliwangi, Pangdam IX/Udayana, Pangdam XIII/Merdeka, Pangdam XVI/Pattimura, Pangdam II/Sriwijaya, Pangdam I/Bukit Barisan, dan Pangdam XVIII/Kasuari.

Sagil Siswa SD di Jambi yang Miliki Tinggi 2 Meter Bercita-cita Ingin Jadi Anggota TNI

Pangdam III/Siliwangi yang semula dipegang oleh Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo kini dipegang oleh Mayjen TNI Erwin Djatmiko yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akmil. Sementara, Mayjen TNI Kunto kini dipercaya menduduki jabatan baru sebagai Wadankodiklatad. 

Pangdam IX/Udayana yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI Sonny Aprianto, kini ditempati oleh Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Harfendi. Sementara, Mayjen TNI Aprianto ditugaskan untuk menempati posisi baru sebagai Asintel Panglima TNI.

Kemudian, Mayjen TNI Alfret Denny D. Tuejen yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka (Mdk) kini menjadi Irjenad. Dan posisi Pangdam Merdeka kini diamanahkan kepada Mayjen TNI Legowo W. R. Jatmiko yang sebelumnya menjabat Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Intekmil dan Siber.

Lalu, posisi Pangdam XVI/Pattimura yang sebelumnya dipegang oleh Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, kini dijabat oleh Kaskostrad Mayjen TNI Syafrial. Sementara, Mayjen TNI Ruruh kini dipercaya untuk menduduki jabatan barunya sebagai Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Intekmil dan Siber.

Kemudian, Mayjen TNI Hilman Hadi yang sebelumnya menjabat Pangdam II/Sriwijaya, kini menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Komsos. Dia digantikan oleh Mayjen TNI Yanuar Adil yang sebelumnya menjabat Danpussenkav. 

Pangdam I/Bukit Barisan yang sebelumnya dipegang Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin kini diganti dengan Mayjen TNI Mochammad Hasan yang sebelumnya menjabat Aster Kasad. Sementara, Mayjen TNI Daniel kini dipercaya menempati posisi Aster Kasad.

Terakhir, Pangdam XVIII/Kasuari kini dipegang oleh Mayjen TNI Ilyas Alamsyah yang sebelumnya menjabat Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Polkamnas. Sementara, Mayjen TNI Gabriel Lema yang sebelumnya menjabat Pangdam XVIII/Kasuari kini menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Polkamnas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya