Ciptakan Pelaut Handal, 3.056 Perwira Transportasi Laut Baru Dilantik

VIVA Militer: 3.056 Perwira Baru Dilantik untuk Perkuat Transportasi Laut
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Banten – Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Djoko Sasono hari ini melantik dan melepas 3.056 Perwira Transportasi Laut.

TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono dalam amanatnya menyampaikan agar para pelaut dapat memberikan pengabdian dan berkontribusi dalam membangun sektor transportasi laut.

“Saya berpesan untuk para perwira transportasi yang baru dilantik hari ini bahwa dalam pengabdian membangun sektor transportasi laut dimanapun saudara berada teruslah berkontribusi untuk melindungi laut sebagai masa depan kita semua,” kata Djoko Sasono dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Selasa, 25 Juli 2023.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

Hal yang tak kalah menarik dalam upacara pelantikan dan pelepasan perwira transportasi kali ini adalah penyerahan rekor MURI oleh museum rekor – dunia Indonesia dengan peraihan Wisuda program vokasi terbanyak dari sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 

Dalam kesempatan itu, Kepala BPSDM Perhubungan menerima simbolis penyerahan piagam dan medali rekor MURI secara langsung.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Untuk diketahui, 3.506 Perwira Transportasi Laut yang baru saja dilantik dan akan menjadi pelaut handal terdiri dari Program Pelaut Peningkatan I, II, III, IV, dan V dan Program Pelaut Pembentukan III, IV, serta Diploma III Politeknik Pelayaran Banten, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, dan Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran Jakarta.

Lulusan Program Diklat Pelaut Peningkatan I, II, III, IV, V dan Program Pembentukan III, IV serta Diploma III yang dilantik pada hari ini, telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai IMO Model Course 7.01, 7.02, 7.03 dan 7.04 dengan sistem dan metode pembelajaran sesuai masa studi masing-masing.

Upacara pelantikan dan pelepasan Perwira tahun 2023 kali ini maengusung tema “Perwira Transportasi Laut yang Profesional, Inklusif dan Kolaboratif Mendukung Tata Kelola Transportasi Hijau Berkelanjutan” upacara pelantikan dan pelepasan hari ini sejalan dengan tema Hari Pelaut Sedunia 2023 yaitu “Seafarers Contribution to Protecting the Marine Environment” yang berarti “Kontribusi Pelaut dalam Menjaga Lingkungan Laut”. 

Hal ini memberi pemahaman secara inklusif kepada masyarakat, khususnya sektor maritim untuk berkolaborasi membangun keselarasan langkah dalam mengawal isu-isu perubahan iklim. Tema tersebut diatas merupakan bentuk dukungan terhadap 17 Target Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang disepakati oleh negara negara PBB hingga 2030. 

"Pelaut memiliki kontribusi penting dalam menjaga keberlangsungan lingkungan laut dari berbagai pencemaran yang terjadi dari aktifitas kapal. Selain itu Pelaut juga memiliki peranan dalam distribusi barang-barang kebutuhan pokok penting, logistik, dan peralatan medis agar mampu menjangkau seluruh dunia," kata Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya