Jenderal TNI Dudung dan KSAD Singapura Tutup Latihan Militer Safkar Indopura 2023 di Singapura

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung bersama KASAD Singapura
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) atau Chief of Army Singapore Armed Forces (SAF) Major General David Neo Chin Wee, secara resmi menutup kegiatan Latihan Bersama (Latma) Safkar Indopura ke-35 Tahun 2023. 

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Penutupan Latma tersebut digelar di Murai Urban Training Facilities (MUTF), Singapura dan dihadiri para pejabat Angkatan Darat dari kedua negara.

Untuk diketahui, Latma Safkar Indopura yang berlangsung di Singapura selama 11 hari, dari tanggal 20-30 Agustus 2023 ini melibatkan satuan Yonif 202/TM  Brigif 1/PIK Jaya Sakti Kodam Jaya sebagai perwakilan dari Indonesia.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Dalam amanatnya, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, bahwa Latma Safkar Indopura bukan sekadar latihan bersama, tetapi merupakan wujud dari persahabatan antara dua negara dan dua Angkatan Darat yang telah terjalin sejak Tahun 1989. 

“Melalui latihan bersama ini, kita saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan teknik bertempur. Karena kita memiliki visi yang sama, yang terjalin dari ikatan persaudaraan dan kemitraan strategis yang penting di Asia Tenggara,“ kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat menutup Latma Safkar Indopura ke-35 di Singapura seperti dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Senin, 28 Agustus 2023.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

VIVA Militer: Prajurit TNI AD dan Angkatan Darat Singapura di Safkar Indopura

Photo :
  • Dispenad

Adapun rangkaian kegiatan Urban Warfare yang merupakan puncak latihan melibatkan beberapa Alutsista TNI AD dan Angkatan Darat Singapura. 

Angkatan Darat dua negara sahabat itu mengaplikasikan profesional exchange tentang teknik, taktik dan prosedur operasi pertempuran kota, pengenalan proses perencanaan persiapan operasi secara digital, Command Post Exercise (CPX) tingkat brigade dan batalyon, serta Field Training Exercise (FTX) tingkat batalyon (kompi gabungan) dalam operasi pertempuran kota/urban operation.

Selain untuk melatih kemampuan militer antar dua negara, kegiatan ini juga ditujukan untuk memperat persahabatan, serta kerja sama militer yang sudah terjalin selama 35 tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Jenderal Dudung juga mengundang Major General David Neo Chin Wee beserta para prajurit AD Singapura untuk melaksanakan Latma Safkar Indopura ke-36 pada tahun 2024 di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya