Tidak Hanya di Indonesia,Perayaan HUT TNI Ke-78 Juga Akan Digelar di Amerika, Suriname, dan Malaysia

VIVA Militer: Tim Kolone Senapan Marinir Buka Parade Defile HUT TNI ke-77
Sumber :
  • YouTube

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada tanggal 5 Oktober 2023 mendatang akan memasuki usia ke-78 Tahun. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI tahun ini akan dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ribuan prajurit TNI dari tiga Matra telah dipersiapkan untuk melaksanakan sejumlah kegiatan di 78 titik berbeda. Bahkan, peringatan HUT ke-78 TNI tahun ini tidak hanya digelar di dalam negeri saja, tapi juga di sejumlah negara sahabat sejak tanggal 24 sampai 27 September 2027.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Minggu pagi, 24 September 2023 kemarin, secara resmi telah membuka rangkaian acara dari pelataran silang Monas Jakarta ditandai dengan membunyikan serine panjang disambut tepuk tangan warga yang hadir.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, berbagai kegiatan yang digelar dalam rangka HUT TNI kali ini diantaranya adalah Bakti kesehatan yang dilaksanakan di 78 titik secara serentak di Indonesia terdiri dari Donor darah yang diikuti ribuan pendonor, khitanan masal, Operasi Katarak, Pengobatan Umum, dan Pengobatan Gigi gratis untuk masyarakat.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Kemudian, Panglima TNI juga menggelar Senam Kesegaran Jasmani 88 terbanyak di 400 titik Satuan Kerja (Satker) TNI yang tersebar di seluruh Indonesia dengan pesertanya mencapai ribuan personel.

VIVA Militer: Panglima Yudo Margono memulai rangkaian kegiatan HUT TNI Ke-78

Photo :
  • Puspen TNI
Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

"Dalam acara ini dilaksanakan pula Panglima TNI Runs untuk 3 kategori yaitu 21 K, 10 K, dan 5 K dengan pesertanya 10.000 pelari yang dilepas secara serentak," kata Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Jakarta.

Tidak hanya itu, perayaan HUT TNI tahun ini juga akan pegelaran Wayang Kulit terbanyak di 78 titik secara serentak 1 titik di pusat, 74 titik di daerah dan 3 titik diluar negeri, yaitu di Amerika, Suriname dan Malaysia. Kemudian program ketahanan pangan terbanyak di 400 titik secara bersamaan.

Yang tak kalah menarik, kegiatan HUT TNI ke 78 yang dilaksanakan tersebar di seluruh Indonesia melibatkan ratusan ribu personel, 2.339 set tenda dan waktu terlama dalam penyelanggaraan yaitu 12 hari. Panggung hiburan selama 4 hari.

Dalam memeriahkan kegiatan, sebanyak 447 unit ambulance disiagakan. Untuk Fly Pass sendiri, rencananya TNI akan mengerahkan 45 unit pesawat pada puncak perayaan 5 Oktober 2023 nanti. Jumlah itu merupakan jumlah terbanyak sepanjang masa perayaan HUT TNI selama ini.

Selain itu, TNI juga menyiapkan 2.600 porsi makanan per hari dimasak di dapur lapangan dibagikan secara gratis kepada masyarakat. 678 personel menampilkan atraksi kolone senapan dalam sekali pementasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya