Brigjen TNI Anton Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Markas Kostrad

VIVA Militer: Aslog Kaskostrad Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila
Sumber :
  • Penkostrad

Jakarta – Asisten Logistik (Aslog) Kaskostrad, Brigjen TNI Anton  Yuliantoro hari ini memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 di lapangan Upacara Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu, 1 Oktober 2023.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini diikuti oleh Prajurit dan PNS Makostrad dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu peringatan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Peristiwa sejarah ini berkaitan dengan tragedi gerakan 30 September, atau biasa dikenal dengan nama G30S/PKI. Dimana terdapat momen peringatan peristiwa bersejarah perjalanan bangsa Indonesia yang berusaha mengganti ideologi Pancasila dengan paham Komunis oleh partai Komunis Indonesia (PKI) serta mengenang  gugurnya para Pahlawan Revolusi akibat kebiadaban PKI pada tahun 1965.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Upacara yang berjalan secara hikmat itu dipimpin Komandan Upacara Letnan Kolonel Kav Andi Hermawan A. dan yang bertugas sebagai pembaca Pembukaan UUD 1945 Lettu Ckm Dwi Aris Pambudi.

VIVA Militer: Prajurit Kostrad TNI AD gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Photo :
  • Penkostrad
Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Dalam pedoman susunan upacara yang telah dirilis oleh pemerintah, terdapat pembacaan naskah ikrar yang dibacakan oleh Lettu Ckm dr. Rulli Eka Prananda, dimana di dalamnya berbunyi “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya”:

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya