Santer, Jokowi Tunjuk Eks Danpaspampres Agus Subiyanto Jadi KSAD, Ini Kata Mabesad

VIVA Militer: Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto di Mabesad
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo pada hari Rabu besok, 25 Oktober 2023  dikabarkan akan melantik mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Agus Subiyanto menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Pergantian jabatan Kasad itu dilakukan karena Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan memasuki masa purna tugas atau pensiun sebagai prajurit aktif TNI AD pada akhir November 2023 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Hamim Tohari mengatakan bahwa pergantian jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) adalah hak prerogatif Presiden Republik Indonesia.  

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Dia pun enggan berspekulasi apakah nama Letjen TNI Agus Subiyanto yang akan dilantik sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman nanti.

"Kita tunggu yang resmi dulu dari Istana," kata Kadispenad Brigjen TNI Hamim Tohari saat dikonfirmasi VIVA Militer, Selasa, 24 Oktober 2023.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, telah beredar surat undangan rapat koordinasi Sertijab Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) yang dikeluarkan secara resmi pada tanggal 23 Oktober 2023 kemarin dengan Nomor Surat : B/911/X/2023.

Surat yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh Kepala Sekretariat Umum TNI AD Kolonel Inf Asep Dedi Darmadi itu berisi mengundang sejumlah pejabat terkait untuk menghadiri Rapat Koordinasi Serah Terima Jabatan yang akan digelar hari ini Selasa, 24 Oktober 2023 pukul 09.00 wib di Aula Jenderal Besar A.H. Nasution, lantai II Mabesad. Rapat koordinasi Sertijab Kasad tersebut dipimpin oleh Aspers Kasad.

Keluarnya surat undangan Rapat Koordinasi Sertijab Kasad yang ditujukan kepada sejumlah Pejabat Mabesad itu disinyalir kuat terkait dengan rencana pergantian jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara dalam waktu dekat ini.

Tidak hanya itu, rencana pergantian jabatan Kasad itu juga dibenarkan oleh Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. Meutya tidak menepis kabar rencana pelantikan Kasad yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 besok.

"Kabarnya demikian. Kita tunggu esok ya," ujar Meutya Hafid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya