Sosok Letjen TNI Agus Subiyanto, dari Danrem Solo hingga Melesat Jadi KSAD Gantikan Jenderal Dudung

VIVA Militer: Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto temui prajurit AS di Baturaja
Sumber :
  • Dispenad

Jakarta – Nama Letnan Jenderal (Letjen) TNI Agus Subiyanto kini mulai santer digadang-gadang sebagai bakal calon Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Iya, Presiden RI Joko Widodo dikabarkan akan melantik Letjen TNI Agus Subiyanto untuk menjadi orang nomor satu di jajaran matra Angkatan Darat di masa mendatang.

Kabar pelantikan Letjen TNI Agus Subiyanto oleh Presiden Jokowi itu pun dibenarkan oleh Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. Kepada awak media Meutya Hafid mengatakan, rencananya Presiden Jokowi akan melantik Agus Subiyanto menggantikan Jenderal Dudung sebagai Kasad pada hari Rabu besok, 25 Oktober 2023 di Istana Negara Republik Indonesia.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

"Kabarnya demikian. Kita tunggu esok ya," kata Meutya Hafid, Selasa, 24 Oktober 2023.

Untuk diketahui, pergantian jabatan Kasad itu dilakukan bukan tanpa alasan. Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang kini menempati posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) akan memasuki masa purna tugas atau pensiun sebagai prajurit aktif TNI Angkatan Darat pada akhir November 2023 mendatang.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

VIVA Militer: Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto menutup Kejurnas Judo Piala KSAD

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Lalu, siapa sosok Letjen TNI Agus Subiyanto Perwira Tinggi (Pati) TNI AD yang akan memegang tongkat komando di jajaran matra darat itu?

Letjen TNI Agus Subiyanto bukanlah orang baru di lingkungan TNI Angkatan Darat. Dia adalah Perwira Tinggi (Pati) TNI AD yang dididik dan dibesarkan oleh Korps Baret Merah atau Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Pria kelahiran Cimahi, Jawa Barat tanggal 5 Agustus 1967 itu merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1991. 

Dia tercatat pernah memegang sejumlah jabatan strategis di lingkungan Korps Baret Merah Kopassus, diantaranya adalah Komandan Batalyon (Danyon) 22 Group 2 Kopassus Sandi Yudha yang bermarkas di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, dan Kepala Penerangan (Kapen) Kopassus.

Tidak hanya itu, Agus Subiyanto juga pernah memegang tongkat komando kepemimpinan di satuan teritorial TNI AD. Pada tahun 2009-2011, dia pernah menjabat Dandim 0735/Surakarta, Solo. Ketika itu Jokowi masih menjabat Walikota Solo. 

Kemudian, ketika berpangkat Kolonel pada tahun 2017 dia pernah menjabat Danrem 132/Tadulako. Lalu, pada tahun 2019, Agus Subiyanto pecah bintang dari Kolonel menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI dengan menempati posisi Wadanpussenif Kodiklatad. 

Pada tahun 2020, Agus Subiyanto kembali dipercaya memegang tongkat komando di Danrem 061/Suryakancana, Bogor yang memiliki wilayah tugas salah satunya  adalah Ring 1 Istana Bogor.

Tak lama menjabat Danrem 061/Suryakancana, Agus Subiyanto kembali melesat dan mendapat kepercayaan untuk menjadi orang nomor satu menjaga dan mengawal Jokowi sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Kemudian, pada tahun 2021, Agus Subiyanto kembali dipercaya untuk menjabat Pangdam III/Siliwangi menggantikan Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto ketika itu.

Kurang lebih satu tahun menjabat Pangdam III Siliwangi, atau pada 4 Februari 2022, Agus Subiyanto kembali melesat naik pangkat menjadi jenderal bintang tiga TNI AD atau Letnan Jenderal (Letjen) TNI AD. Kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi itu membawa karier militer Agus Subiyanto menjadi orang nomor dua di lingkungan Mabesad mendampingi Jenderal TNI Dudung Abdurachman dengan menduduki jabatan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) hingga hari ini. 

Baca juga: Jokowi Akan Ganti Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Mabesad Gelar Rapat Koordinasi Sertijab Kasad
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya