KSAL Lantik Mayjen TNI Endi Jadi Komandan Korps Marinir yang Baru, Ini Profilnya

VIVA Militer: KSAL Muhammad Ali pimpin Sertijab Komandan Korps Marinir TNI AL
Sumber :
  • Dispenal

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Korps Marinir (Dankormar) dari Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah kepada Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi di Lapangan Apel Brigif 1 Marinir Kesatrian Marinir Harton Cilandak, Jakarta Selatan.

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI

Selain memimpin upacara Sertijab Dankormar, dalam kesempatan itu Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali juga memimpin Upacara Militer Parade dan Defile dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 78 Korps Marinir TNI Angkatan Laut Tahun 2023 yang melibatkan ribuan prajurit Korps Marinir TNI AL serta gelaran alutsista Amphibi Korps Marinir TNI AL.

"Baru saja kita saksikan bersama dan kita mengikuti bersama peringatan Hut Korps Marinir ke-78 sekaligus dilaksanakan dengan serah terima jabatan Komandan Korps Marinir dari Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah kepada Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di Markas Korps Marinir TNI AL, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, 15 November 2023.

Malam Menegangkan di Laut Perbatasan Malaysia, Kopaska TNI Temukan Kristal Seharga 1,5 Miliar

Laksamana TNI Muhammad Ali lebih jauh menjelaskan, bahwa pergantian jabatan di lingkungan TNI, khususnya Korps Marinir TNI AL merupakan proses regenerasi yang harus dilakukan dalam rangka peremajaan organisasi untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas profesionalitas prajurit Marinir.

"Dan Korps Marinir ini seperti kita tahu berkembang dari zaman ke zaman sekarang sudah memiliki 3 Pasmar berada di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Nah ini kita kembangkan terus terutama nanti ke depan adalah kemampuan dari alutsistanya," ujar Kasal.

Kelelahan, 30 Tentara Israel Ogah Serang Wilayah Rafah

VIVA Militer: Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi saat masih menjabat Danpasmar 1

Photo :
  • Dispen Pasmar 1

Untuk diketahui, Mayjen TNI (Mar) Endi Supendi dipercaya Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menggantikan Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah yang saat ini dipercaya menjabat Komandan Kodiklatal.

Sebelum menjabat Komandan Korps Marinir (Dankormar), Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL). 

Jenderal bintang dua Marinir itu adalah salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI AL lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 36 Tahun 1990.

Secara karir militer, Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di lingkungan Korps Marinir maupun satuan jajaran TNI Angkatan Laut. Diantaranya adalah, Komandan Yonif 2 Marinir, Komandan Resimen Kaveleri Pasmar 2, Komandan Brigade Infanteri 2 Marinir, Aspers Komandan Korps Marinir, Asrena Komandan Korps Marinir, Komandan Denma Mabesal, Komandan Lantamal XII/Pontianak, Komandan Pasmar 1, Komandan Pasmar 2, Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL), Wakil Komandan Korps Marinir, dan terakhir Gubernur AAL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya