Pimpin Sertijab KSAD, Panglima TNI Serahkan Panji Kartika Eka Paksi Kepada Jenderal Maruli

VIVA Militer: Panglima TNI serahkan jabatan KSAD ke Jenderal TNI Maruli
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto hari ini secara resmi menyerahkan jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Puluhan Tahun Mengabdi, 3 Jenderal Angkatan Udara Resmi Pamit Tinggalkan TNI

Penyerahan jabatan Kasad itu dilakukan melalui Upacara Militer Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Lapangan Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Jum'at, 1 Desember 2023.

Serah terima jabatan Kasad ditandai dengan penyerahan panji satuan Panji Kartika Eka Paksi yang merupakan simbol satuan TNI AD dari mantan KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Video Jet Tempur Ukraina Dikejar Rudal Nuklir Rusia, Bak Film Top Gun

Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan yang disaksikan oleh ratusan prajurit TNI AD dari berbagai satuan dan para tamu undangan.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, pada hari Rabu, 29 November 2023 lalu, Presiden RI Joko Widodo telah mengangkat dan melantik Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang kini menjabat Panglima TNI.

Ngamuk, Milisi Islam Irak Gempur Tentara Israel di Dataran Tinggi Golan

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal Agus serahkan jabatan KSAD ke Maruli

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Pelantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kasad itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103 - TNI Tahun 2023, tentang Pemberhentian Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Pengangkatan Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat yang baru, terhitung mulai tanggal 29 November 2023. 

Usai Pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat, kemudian Presiden Joko Widodo menyematkan tanda jabatan Kasad, dan dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah Jabatan, serta penandatanganan berita acara pengangkatan. Semua prosesi tersebut disaksikan pula oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal TNI Listyo Sigit Prabowo. 

Pantauan VIVA Militer di Mabesad, upacara Sertijab KSAD hari ini dihadiri sejumlah tamu undangan, diantaranya adalah Wakil Presiden RI ke-6 yang juga mantan Panglima ABRI (Pangab) Jenderal Purnawirawan Tri Sutrisno, Mantan Pangab Jenderal Purnawirawan Wiranto, Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Gatot Rumantyo, dan mantan Panglima TNI Laksamana Purnawirawan Yudo Margono.

Selain itu, terlihat pula mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) dari masa ke masa yang turut hadir, diantaranya Jenderal Purnawirawan Mulyono dan Jenderal Purnawirawan Dudung Abdurachman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya