Kapal Rumah Sakit TNI AL yang Akan Jalankan Misi Kemanusiaan ke Palestina Tiba di Jakarta

VIVA Militer: Kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Kapal Bantu Rumah Sakit (KBRS) KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 milik TNI Angkatan Laut yang akan menjalankan misi kemanusiaan ke Palestina siang ini tiba di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis, 30 November 2023.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Pantauan VIVA Militer di lokasi, kapal perang berjenis kapal bantu rumah sakit (KBRS) milik TNI AL itu sandar di Dermaga Kolinlamil sekitar pukul 14.40 WIB.

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sebelumnya bertolak dari Dermaga Markas Komando Koarmada II menuju Jakarta pada hari Selasa, 28 November 2023 lalu.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Dari Koarmada II Surabaya, KRI dr. Radjiman Widyodiningrat-992 membawa bantuan kemanusiaan sebanyak 80 truk dari berbagai instansi pemerintah maupun masyarakat Indonesia yang peduli akan kondisi masyarakat korban perang Gaza di Palestina.

Setibanya di Mako Kolinlamil Jakarta Utara, rencananya kapal rumah sakit TNI AL ini akan kembali mengangkut bahan bantuan yang sebelumnya sudah dikumpulkan di Markas Kolinlamil, Jakarta Utara.

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

Untuk diketahui, sejak bulan lalu TNI AL membangun posko penerimaan bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Posko bantuan kemanusiaan itu dipusatkan di Markas Koarmada II Surabaya dan Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.

VIVA Militer: Bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di dalam KRI RJW-992

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Saat ini, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 menunggu perintah dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia untuk berlayar menuju Mesir membawa bahan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina tersebut.

Untuk diketahui pula, sebelumnya Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengungkapkan, kapal bantu rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sebelum berangkat ke Palestina telah menjalani pengecatan warna putih dan pemeriksaan propeller di galangan kapal PT PAL Indonesia.

Pengecatan kapal rumah sakit TNI AL yang akan menjalankan misi kemanusiaan ke Palestina itu dilakukan sesuai dengan peraturan internasional, yaitu Konvensi Jenewa IV maupun aturan San Remo Manual terkait konflik bersenjata di laut.

“Kapal rumah sakit sedang dilaksanakan docking, untuk pengecetan diberikan warna putih karena sesuai aturan Konvensi Jenewa maupun aturan dari San Remo Manual bahwa kapal rumah sakit itu harusnya dicat dengan warna putih. Jadi itu sudah disiapkan,” kata Laksamana TNI Muhammad Ali di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara, Senin, 20 November 2023 lalu.

KSAL menambahkan, pemberangkatan kapal rumah sakit TNI AL menunggu lampu hijau dari Mesir sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Israel.

“Kami belum tahu negaranya, masih menunggu izin dari pemerintah Mesir terutama, karena Mesir dianggap yang terdekat dengan perbatasan Gaza. Mungkin nanti (ditempatkan) di El Arish,” ucap Ali.

“Kalau Mesir sudah membuka izin, maka kapal akan berangkat,” tutur KSAL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya