Tak Disangka, Jenderal TNI Maruli Pernah Cekik Kopassus Tubuh Besar Bodyguard Jokowi Hingga Pingsan

VIVA Militer: Jenderal TNI Maruli dan Kapten Inf Windra S.
Sumber :
  • Windra Sanur

VIVA – Ternyata Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memiliki taring yang tajam di dunia olahraga bela diri judo. Bahkan, sekelas bodyguard Presiden Joko Widodo, pernah merasakan kehebatan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke-35 itu di matras.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Prestasi Jenderal TNI Maruli Simanjuntak itu diceritakan langsung oleh Kapten Inf Windra Sanur, itu lho Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) bertubuh besar yang selalu berada di sisi Presiden Jokowi.

VIVA Militer: Kapten Inf Windra S.

Photo :
  • Windra Sanur
Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Jadi menurut Kang Windra kepada VIVA Militer dalam komunikasi khusus, Senin 4 Desember 2023, ia sudah pernah bertemu Pak Maruli di arena training camp (TC) judo. Peristiwa terjadi antara tahun 1997 hingga 1998.

Ketika itu Pak Maruli belum jadi Jenderal TNI Angkatan Darat, pangkat beliau menurut Kang Windra masih Letnan Satu (Lettu). Dan Kang Windra sendiri masih Sersan Dua (Serda).

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

VIVA Militer: Jenderal TNI Maruli dan Kapten Inf Windra S.

Photo :
  • Windra Sanur

Saat itu Kang Windra dan Pak Maruli sama-sama TC di kelas -70 kilogram. Tapi apa yang terjadi, Kang Windra dikalahkan alumni Akademi Militer 1992 itu dengan mudah.

"Cuma beberapa detik, saya dibuat pingsan sama beliau," ujar Kang Windra.

Nah singkat cerita, karena gagal kalahkan Pak Maruli di kelas -70 kilogram, Kang Windra diperintahkan untuk naik kelas saja ke kelas bebas +90 kilogram. Hasilnya tak main-main, prajurit TNI berdarah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) itu berjaya di kelas berat itu.

VIVA Militer: Kapten Inf Windra S.

Photo :
  • Windra Sanur

Di tahun 2006, Kang Windra merebut medali perak judo kelas -90 kilogram di Porprov Banten. Dua tahun berselang Kang Windra meraih medali perunggu di Trisakti Open Judo CHAMPIONSHIP 2008 dan pada 2010, Kang Windra menyabet medali emas kelas -90 kilogram Porprov Banten 2010.

Yang paling tak disangka-sangka, karena harus naik kelas berat dan membesarkan badannya. Kang Windra akhirnya mendapatkan kepercayaan untuk jadi bodyguard Presiden.

VIVA Militer: Kapten Inf Windra S.

Photo :
  • Windra Sanur

Menurut Paspampres yang saat ini sudah menjadi Wasit IJF Continental 2022, sejak dahulu di dunia memang Pak Maruli salah satu judoko yang paling disegani di atas matras karena kemampuannya yang kerap mencekik lawan hingga pingsan.

"Pak Maruli itu hebat di main bawah, ground fightingnya banyak lawan yang pingsan," ujarnya.

VIVA Militer: Jenderal TNI Maruli dan Kapten Inf Windra S.

Photo :
  • Windra Sanur

Dari judolah akhirnya Kang Windra dan Pak Maruli memiliki hubungan yang sangat dekat. Bahkan saking dekatnya dan tahu kemampuan diri Pak Maruli di dunia militer, Kang Windra dahulu pernah mendoakan Pak Maruli kelak menjadi KSAD. Dan ternyata akhirnya doa Kang Windra terkabul. Pak Maruli akhirnya dilantik Presiden jadi KSAD.

Baca: Rencana Gelap Digagalkan TNI, OPM Papua Kocar Kacir Ketakuan Dikejar Pasukan Letkol Petir ke Hutan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya