Cerita Haru Jenderal Maruli Saat Temui Almarhum Doni Monardo Setelah Dilantik Jokowi Jadi KSAD

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak hari ini menghadiri pemakaman salah satu senior terbaiknya, Almarhum Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata, Jakarta Pusat.

AS dan Inggris Balas Dendam! Serangan Udara Hujani Houthi di Yaman

Kedatangan orang nomor satu di matra Angkatan Darat itu untuk memberikan penghormatan terakhir kepada salah satu seniornya di Korps Baret Merah (Kopassus) yang baru saja pergi menghadap Sang Maha Kuasa meninggalkan keluarga dan para kerabat dekatnya.

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengungkapkan, dirinya sangat kehilangan sosok almarhum Letnan Jenderal Doni Monardo yang dikenal sangat perhatian dan peduli dengan para juniornya di Korps Baret Merah, Kopassus.

Prabowo Subianto Unggul di Pilpres 2024 juga Karena Migrasi 66 Persen Pemilih Jokowi-Maruf di 2019

Bahkan, Jenderal Maruli mengaku sempat menghadap dan menemui Letjen TNI Doni Monardo yang saat itu tengah terbaring sakit setelah dirinya dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto.

"Tiga hari yang lalu. Saya di rumah sakit setelah pelantikan saya ketemu beliau," kata KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak usai memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Letjen TNI (Purn) Doni Monardo di TMP Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Senin, 4 Desember 2023.

Sebut Jokowi Tak Bisa Intervensi Hak Angket, Haidar Alwi: Itu Kewenangan DPR

Jenderal Maruli pun mengisahkan, pada saat dirinya menjenguk Letjen TNI Doni Monardo di Rumah Sakit, namun kondisinya saat itu almarhum Doni Monardo dalam keadaan tidak sadar.

Kendati demikian, lanjut Maruli, meski dalam kondisi tidak sadar, almarhum Letjen TNI Doni Monardo sempat merespon perkataannya saat melaporkan bahwa dirinya baru saja dilantik menjadi Kasad.

"Tidak ada pesan beliau, tapi saya lihat pada saat saya bicara beliau responsif," ucapnya penuh haru.

Sebagaimana diketahui, salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI AD Letjen TNI Doni Monardo meninggal dunia pada hari Minggu, 3 November 2023 sekitar pukul 17.32 wib di Rumah Sakit Siloam, Jakarta. Mantan Danjen Kopassus itu wafat setelah jatuh sakit beberapa bulan lalu. 

Sebelum dimakamkan di TMP Nasional Kalibata, jenazah almarhum Doni Monardo sempat disemayamkan di Markas Komando Kopassus, Cijantung.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, sejumlah petinggi militer turut hadir untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mantan Kepala BNPB itu. Diantaranya adalah Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Koorsahli Kasad Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Pangkostrad Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa. 

Selain itu, turut hadir Wakil Presiden RI ke-6 yang juga pernah menjabat Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purn) AM. Hendropriyono, serta mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya