Momen Panglima TNI Datangi Markas Pasukan Elite Denjaka Korps Marinir TNI AL

VIVA Militer: Panglima TNI didampingi Dankormar kunjungi markas Denjaka TNI AL
Sumber :
  • Dispen Kormar

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendatangi Markas Komando Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI Angkatan Laut di Komplek Arthur Solangs, Cilandak Jakarta Selatan, Rabu, 6 Desember 2023.

Petinggi PKS: Jadi Oposisi Enggak Ada Masalah, Koalisi Siap

Kedatangan Jenderal TNI Agus Subiyanto ke markas pasukan elite TNI AL itu merupakan kunjungan kerja pertamanya setelah dirinya dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispen Kormar, Kamis, 7 Desember 2023, kunjungan perdana Panglima TNI bersama rombongan itu disambut langsung Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI Endi Supardi.

Jokowi 'Down' Gol Muhammad Ferrari ke Gawang Uzbekistan Dianulir Wasit

Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, serta Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 1 Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, serta sejumlah pejabat utama Korps Marinir lainnya turut hadir mendampingi kunjungan kerja Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Dalam kunjungannya tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto sempat berinteraksi dengan sejumlah pasukan elite TNI AL, Denjaka yang dikenal dengan sebutan Hantu Laut dan memiliki kemampuan tempur Tri Media yaitu laut, darat dan udara.

Bos Microsoft Satya Nadella Pernah Batal Ketemu Jokowi

VIVA Militer: Pasukan Elite Denjaka untuk kemampuan di hadapan Panglima TNI

Photo :
  • Dispen Kormar

Tidak hanya itu, Pati TNI AD yang dibesarkan oleh Korps Baret Merah Kopassus itu pun sempat menyaksikan demonstrasi prajurit Denjaka yang menunjukkan kemampuannya dalam menjalankan operasi.

Adapun teknik kemampuan serangan yang ditunjukkan di hadapan Panglima TNI diantaranya adalah, Teknik serangan dari udara infiltrasi vertical landing dengan terjun payung, kemudian dari bawah air ship boarding. 

Selain itu, para prajurit Denjaka juga mendemonstrasikan kemampuannya dengan melaksanakan serangan dalam ruangan tertutup atau Close Quarter Battle (CQB), serta kemampuan Sniper, memanjat Dakibu  (Daki Serbu), teknik breaching, rapelling, dan tembak reaksi.

Panglima TNI mengungkapkan, kunjungannya ke markas pasukan elite TNI AL itu untuk mengecek secara langsung kondisi real kesiapan prajurit yang harus selalu siap dalam menerima dan melaksanakan tugas operasi.

Selain menyaksikan demonstrasi Panglima TNI juga menyaksikan penampilan bela diri Chadrik yang dikenal dengan bela diri khas Prajurit Korps Marinir. Selain itu, Panglima TNI dan rombongan juga sempat meninjau static show yang merupakan pameran alutsista yang dimiliki oleh Denjaka.

"Agar kita sebagai prajurit harus senantiasa meningkatkan kemampuan dasar khususnya menembak dan beladiri. Karena hakekatnya kita adalah tentara," kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di hadapan para personel pasukan elite Denjaka TNI AL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya