10 Pati TNI AL Pecah Bintang dari Kolonel Jadi Jenderal Bintang Satu, Ini Daftar Namanya

VIVA Militer: 14 Pati TNI AL naik pangkat satu tingkat lebih tinggi
Sumber :
  • Dispenal

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menerima Laporan Kenaikan Pangkat (Kenkat) 14 Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut. Laporan Kenaikan Pangkat itu dilakukan dalam upacara Korps Kenaikan Pangkat yang dipimpin langsung oleh KSAL Laksamana Muhammad Ali di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 6 Desember 2023 kemarin.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Dari 14 Pati TNI AL tersebut, satu diantaranya naik pangkat dari bintang dua menjadi bintang tiga atau Laksamana Madya (Laksdya). Kemudian, tiga personel diantaranya naik dari pangkat jenderal bintang satu menjadi jenderal bintang dua atau Laksamana Pertama (Laksma) menjadi Laksamana Muda (Laksda) atau Mayor Jenderal (Mayjen) bagi Korps Marinir, dan 10 personel lainnya berhasil pecah bintang dari pangkat kolonel menjadi bintang satu atau Laksamana Pertama (Laksma) maupun Brigadir Jenderal (Brigjen) bagi Korps Marinir. 

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenal, Kamis, 7 Desember 2023, satu orang Pati TNI AL yang resmi menyandang pangkat bintang tiga adalah Laksdya TNI Budi Purwanto yang saat ini menjabat sebagai Danpushidrosal, sedangkan Pati yang menyandang bintang dua adalah Pangkolinlamil Laksda TNI Hudiarto, Wadan Pushidrosal Laksda TNI Rony Saleh, dan Pa. Sahli Tk. III Bid. Jahpers Panglima TNI Mayjen TNI (Mar) IlI Dasili.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Kemudian, 10 Pati TNI AL yang pecah bintang dari pangkat Kolonel jadi jenderal bintang satu adalah Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Amrin Rosihan Hendrotomo, Danlantamal I Belawan Laksma TNI Dores Afrianto Ardi, Karo Perencanaan Organisasi Settama Bakamla Laksma TNI Budi Santoso, Dirdok Kodiklat TNI Laksma TNI Alan Dahlan.

Lalu, Kapok Sahli Pushidrosal Laksma TNI Siswanto, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Komunikasi BSSN Laksma TNI Ir. Arnoldus Triono, Ir Koarmada I Laksma TNI Sunarto, Kaotmil III Sby Babinkum TNI Laksma TNI Dr. Imam Subekti, Ir Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Ahmad Fajar dan Kaskogartap III Surabaya Laksma TNI Agung Trisnanto Kaskogartap III Surabaya.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali lepas Laksamana TNI Yudo Margono

Photo :
  • Dispenal

Setelah kegiatan Pelaporan Korps Kenaikan Pangkat, dilanjutkan dengan ramah tamah di Pendopo Neptunus Mabesal. Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Budi Purwanto mewakili seluruh Pati yang melaksanakan kenaikan pangkat menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan, kepercayaan, dan kehormatan yang diberikan. 

"Semakin tinggi jabatan dan pangkat kami maka tanggung jawab yang kami panggul pun semakin banyak, sehingga kami tidak akan henti-hentinya untuk meminta arahan kepada semuanya terutama kepada senior-senior kami tercinta sehingga pelaksanaan tugas kami semua dapat berjalan lancar kedepannya," ungkap Danpushidrosal.

Dalam kesempatan itu, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Pati TNI AL yang mendapat anugerah kenaikan pangkat, Kasal berharap hal ini akan mendorong Laksamana untuk lebih berkontribusi dalam melahirkan inovasi untuk mendukung pelaksanaan tugas sesuai bidang masing-masing guna mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, modern, dan tangguh. 

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan pelepasan Pati purna tugas atau memasuki masa purnawirawan di Pendopo Neptunus Mabesal antara lain mantan Panglima TNI Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono, mantan Wakasal Laksdya TNI (Purn) Ahmadi Heri Purwono, Laksda TNI (Purn) R. Achmad Rivai, Laksda TNI (Purn) Dr. Iwan Isnurwanto, Laksda TNI (Purn) Nazali.

Selain itu juga Laksma TNI (Purn) Riza Utama, Laksma TNI (Purn) Dohar Malim Sianturi, Laksma TNI (Purn) M. Khimayatul Islam, Brigjen TNI Mar (Purn) Ichwan Dargianto, Laksma TNI (Purn) Suhendro, Laksma TNI (Purn) Anang Sufiantono, Laksma TNI (Purn) Haris Djoko Nugroho, Laksma TNI (Purn) Harimurti, dan Laksma TNI (Purn) Jaya Darmawan.

"Terima kasih atas segala dedikasi dan pengabdiannya untuk TNI AL, selamat bertugas di kedinasan yang lain seperti bergabung ke organisasi sosial, bertani, berkebun, dan membuka usaha hal ini merupakan cara menikmati masa-masa “Merdeka” setelah purna tugas," kata Kasal di akhir sambutannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya