KSAL Jajal Pesawat Pelacak Kapal Selam Milik Angkatan Laut Amerika Serikat

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali Joy Flight pesawat P-8A US Navy
Sumber :
  • Dispenal

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali berkesempatan menjajal pesawat canggih Poseidon P-8A milik Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) yang memiliki kemampuan melacak keberadaan kapal selam di dasar laut.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenal, Senin, 18 Desember 2023, Laksamana TNI Muhammad Ali melaksanakan Joy Flight on Board di Pesawat United States Navy (P-8 Poseidon USN) pada saat latihan Operasi Maritim Subject Matter Expert Exchange (SMEE) dan DV Flight P-8 US Navy yang digelar antara TNI AL dan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) di Base Ops Lanudal Juanda Puspenerbal, Jum'at, 15 Desember 2023 lalu.

Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, latihan operasi maritim SMEE antara TNI AL dan US Navy bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, profesionalisme personal, serta memberi kesempatan untuk sharing pengetahuan yang dapat mengembangkan kerjasama yang lebih besar sekaligus membangun persahabatan antar kedua Angkatan Laut khususnya dibidang operasi maritim. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Kasal menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kualitas SDM sebagai prioritas utama dalam mencapai kejayaan Angkatan Laut di masa mendatang. 

"TNI AL terus memfokuskan diri untuk mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiagaan dan kesiapan yang tinggi untuk menghadapi tantangan ke depan," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

VIVA Militer: US Navy memperkenalkan Pesawat Poseidon P-8A ke prajurit TNI AL

Photo :
  • Dispenau

Dalam kesempatan itu, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) sempat berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan terkait operasi laut Anti Ship Warfare (ASW) dan Anti Submarine Warfare (ASuW) yang dapat dilaksanakan oleh pesawat P-8A Poseidon Angkatan Laut Amerika Serikat. Selain itu juga sharing terkait ilmu dan pengetahuan pertahanan laut kedepan. 

Untuk diketahui, pesawat patroli maritim Poseidon P-8A adalah salah satu pesawat canggih milik Amerika Serikat. Pesawat ini mampu menjalankan multi-misi, termasuk operasi anti-kapal selam, operasi anti-pesawat permukaan, serta operasi pencarian dan penyelamatan (SAR).

Pesawat Poseidon P-8A milik US Navy ini dilengkapi beberapa fitur sensor modern untuk mendeteksi dan melacak target atau sasaran, seperti radar, sonar, serta kamera elektro-optik.

"Kerjasama ini diharapkan dapat terus ditingkatkan di masa mendatang, sehingga dapat memperkuat pertahanan maritim Angkatan Bersenjata kedua negara," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya