Dankodiklatau Lantik Penerbang Andal TNI AU Marsekal Sri Duto Jadi Komandan Sekkau, Ini Profilnya

VIVA Militer: Dankodiklatau Lantik Marsma TNI Sri Duto jadi Komandan Sekkau
Sumber :
  • Pen. Kodiklatau

Jakarta – Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Udara (Kodiklatau) Marsdya TNI Arif Mustofa melantik Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo sebagai Komandan Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara (Sekkau) yang baru.

140 Prajurit Baru Spartan Hardha Dedali Resmi Perkuat Yonko 467 Kopasgat

Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo dipercaya menggantikan Dansekkau sebelumnya yaitu Marsma TNI Ali Gusman melalui upacara militer Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang digelar di Lapangan Upacara Sekkau, Jakarta, Kamis, 28 Desember 2023 kemarin.

Komandan Kodiklatau Marsdya TNI Arif Mustofa dalam amanatnya mengatakan, pergantian pejabat dalam suatu organisasi merupakan suatu keniscayaan. Selain bagian dari siklus pembinaan personel, lanjut Dankodiklatau, pergantian kepemimpinan di institusi pendidikan TNI AU itu juga merupakan suatu penghargaan dan amanah dari pimpinan TNI AU yang harus dijaga dan dipertanggungjawabkan.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

“Oleh karena itu, serah terima jabatan Komandan Sekkau ini kita laksanakan guna terus beradaptasi dengan tantangan tugas serta untuk memenuhi kebutuhan organisasi TNI Angkatan Udara yang semakin kompleks, sehingga akan lahir berbagai inovasi dan upaya perbaikan yang berkelanjutan," kata Komandan Kodiklatau Marsdya TNI Arif Mustofa dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 29 Desember 2023.

Komandan Kodiklatau menambahkan, jabatan Komandan Sekkau memiliki peran penting untuk menghasilkan perwira yang memiliki kualitas didik yang unggul, berkarakter dan professional.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

“Sehingga para lulusan Sekkau akan tampil menjadi pemimpin-pemimpin organisasi di tingkat pelaksana teknis di satuan TNI Angkatan Udara maupun TNI,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 7 Sekkau Gabungan Kodiklatau dari Ny. Isna Ali Gusman kepada Ny. Lina Sri Duto Dhanisworo.

Profil Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo

VIVA Militer: Dankodiklatau Lantik Marsma TNI Sri Duto sebagai Dansekkau

Photo :
  • Pen. Kodiklatau

Untuk diketahui, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Sri Duto Dhanisworo adalah salah satu penerbang andal TNI Angkatan Udara yang dibesarkan di Korps Penerbang helikopter TNI AU.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu adalah salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI AU lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1992.

Sejumlah jabatan strategis pun pernah diembannya. Sebelum menjabat Dansekkau, Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Suryadarma, Kalijati, Subang, Jawa Barat.

Tidak hanya itu, Marsma TNI Sri Duto juga pernah menjabat Komandan Skadron Udara (Skadud) 7 pada tahun 2009-2010. Kemudian, dia juga pernah menjabat Atase Pertahanan Udara KBRI Kuala Lumpur pada tahun 2015-2018. 

Setelah kurang lebih menjabat Athan Udara KBRI Kuala Lumpur, Sri Duto Dhanisworo dipercaya untuk menempati posisi barunya sebagai Pamen Sopsau Pendidikan Sesko TNI Angkatan 46 di tahun 2019. 

Setelah itu, karier militernya pun terus meroket. Pada tahun 2020, dia dipercaya untuk menempati posisi Dirjianstraops Seskoau. Tak lama berselang setelah itu, dia kembali dipercaya untuk menjadi Paban Hublu Sintel TNI pada tahun 2020-2022.

Lalu, setelah itu Marsma TNI Sri Duto diamanahkan untuk menduduki posisi Pamen Sopsau Pendidikan Lemhanas RI Angkatan 63, dan terakhir sekitar awal 2023, Marsma TNI Sri Duto Dhanisworo dipercaya untuk memegang tongkat komando di pangkalan udara Type A milik TNI AU di Lanud Suryadarma, Subang sebagai Danlanud Suryadarma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya