Panglima TNI dan Komandan Perang Indo Pasifik Amerika Bahas Latihan dan Kerjasama Militer

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto membangun komunikasi secara khusus dengan Komandan Komando Indo Pasifik Amerika Serikat, Admiral John C. Aquilino. Komunikasi yang dilakukan melalui video teleconference oleh dua pimpinan militer negara sahabat itu membahas latihan dan kerjasama militer antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Dalam kesempatan itu, Admiral Aquilino mengucapkan selamat kepada Jenderal Agus atas pengangkatannya sebagai Panglima TNI yang baru menggantikan Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono. Komandan Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat itu berharap dibawah kepemimpinan Jenderal Agus, TNI akan semakin maju.

Sementara itu, orang nomor satu di lingkungan TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto menegaskan, bahwa Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dan TNI merupakan mitra yang sangat penting dan strategis.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

"Saat ini Amerika Serikat memiliki kerjasama militer tertinggi dengan TNI dibanding dengan Angkatan Bersenjata negara lain di kawasan," kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dikutip VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, Kamis, 4 Januari 2024.

Panglima TNI lebih jauh menyampaikan, kerjasama militer antara TNI dan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat sudah berjalan sejak lama dan terdiri dari berbagai bidang, diantaranya bidang intelijen, operasi, logistik, serta bidang pendidikan dan latihan. 

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Selain itu, lanjut Panglima TNI, pertukaran kunjungan baik pada tingkat Angkatan maupun Markas Besar membuktikan bahwa Amerika menjadi mitra yang paling strategis.  Hal ini selaras dengan Visi Panglima TNI, PRIMA diantaranya profesional dan adaptif terhadap tuntutan perkembangan lingkungan strategis.

Menyinggung kesuksesan latihan militer Multilateral Super Garuda Shield tahun 2023 lalu, Admiral Aquilino menginginkan latihan bersama yang akan digelar tahun 2024 ini juga dapat berjalan sukses dan apa yang menjadi catatan pada latihan tahun lalu akan dijadikan evaluasi bersama.

"Saya akan perintahkan staf saya untuk mempersiapkan Latihan Super Garuda Shield 2024 dengan berkoordinasi dengan staf anda untuk memastikan tercapainya tujuan dan sasaran latihan," kata Admiral Aquilino di hadapan Panglima TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya