Giliran Perwira Muda Anak Buah Bang Alex Pasukan Pandawa Tinggalkan Kostrad TNI

VIVA Militer: Prosesi tradisi pelepasan perwira Yonif 411 Pandawa.
Sumber :
  • Brigif 6

VIVA – Kostrad, TNI Angkatan Darat harus merelakan seorang lagi perwira muda mereka untuk meninggalkan korps baret hijau pindah ke satuan lain.

Jiper Dibobol Iran, Israel Bangun Iron Dome Versi Online

Perwira muda itu adalah Letnan Dua Inf Danang Saputra. Ia merupakan salah satu prajurit TNI yang selama ini berdinas di Batalyon Infanteri 411/Pandawa, Brigade Infanteri 6, Divisi Infanteri 2 Kostrad.

Berdasarkan siaran resmi Brigif 6 dilansir VIVA Militer, Kamis 18 Januari 2024, Letda Inf Danang pamit meninggalkan Pasukan Pandawa untuk pindah ke Kalimantan dan bergabung dengan satuannya yang baru Batalyon Infanteri 642/Kapuas milik Kodam Tanjungpura.

Rotasi Besar Terjadi, Seorang Jenderal dan 6 Kolonel Pejabat Utama Kodam Diponegoro TNI Diganti

VIVA Militer: Prosesi tradisi pelepasan perwira Yonif 411 Pandawa.

Photo :
  • Brigif 6

Letda Inf Danang Saputra meninggalkan Yonif 411 Pandawa setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Calon Perwira (Secapa). Ia sendiri sebelumnya memulai karier militer sebagai prajurit TNI melalui program Secaba PK 14 tahun 2007.

12 Hari Usai Lepas Jabatan Komandan Gagak Hitam TNI, Letkol Joko Naik Jadi Dandim Bumi Blambangan

Sebelum Letda Inf Danang Saputra meninggalkan Markas Yonif 411/Pandawa di Salatiga, Jawa Tengah untuk pindah ke markas baru di Kota Sintang, Kalimantan Barat, dilaksanakan terlebih dahulu tradisi pindah satuan dan pelepasan prajurit.

Tradisi ini merupakan salah satu upaya untuk menanamkan rasa bangga terhadap satuan lama yang akan ditinggalkan. Selain itu, tradisi ini juga sebagai penghormatan dan penghargaan kepada anggota atas dedikasi dan pengabdiannya kepada satuan.

VIVA Militer: Prosesi tradisi pelepasan perwira Yonif 411 Pandawa.

Photo :
  • Brigif 6

Tradisi ini tidak dapat dipimpin langsung oleh Komandan Yonif 411/Pandawa, Letkol Inf Subandi alias Bang Alex. Sebab beliau sedang berada di pedalaman Papua memimpin Pasukan Pandawa melaksanakan operasi Satuan Tugas Mobile di Kabupaten Nduga. Hanya saja dipimpin Perwira Seksi 3/Personel Yonif 411/Pandawa, Lettu Inf Setyo Dwi Purnomo.

"Kami mewakili Komandan satuan beserta keluarga besar Yoni 411/Pandawa, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian dan pelaksanaan tugas yang telah rekan tunjukkan untuk satuan ini, sukses selalu di satuan yang baru, tetap menjadi Ksatria Pandawa sejati dan tetap jaga silaturahmi dengan baik," kata Lettu Inf Setyo Dwi Purnomo.

Dalam prosesi itu, Letda Inf Danang Saputra mencium pataka satuan dan bersalaman dengan semua rekan-rekan yang selama ini sama-sama berjuang di Yonif 411/Pandawa.

Baca: Luar Biasa, Letnan TNI Jebolan AAU 2019 Terbangkan Elang Supersonik Seharga 343 Miliar Sendirian

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya