TNI AD Resmi Punya Satuan Batalyon Baru di Maluku, Yonif 735/Nawasena

VIVA Militer: Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syafrial resmikan Yonif 735/Nawasena
Sumber :
  • Pendam XVI/Pattimura

Maluku – TNI Angkatan Darat kini memiliki satuan batalyon baru yang akan memperkuat jajaran Kodam XVI/Pattimura. Satuan baru itu adalah Batalyon 735/Nawasena yang bermarkas di Desa Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Kehadiran batalyon baru itu secara resmi dikukuhkan oleh Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Syafrial pada Senin pagi, 29 Januari 2024.

Peresmian Batalyon tersebut, ditandai dengan Pembukaan Selubung Lambang Kesatuan “Vira Manggala Dharma Satya“ dan penyerahan oleh Pangdam kepada Danyonif 735/Nawasena serta penandatanganan prasasti.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Selain itu, Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syafrial juga memimpin upacara alih kodal dua Kompi Senapan Yonif 731/Kabaresi dan 2 Kompi Senapan Yonif 734/Satria Nusa Samudra untuk menjadi kompi-kompi dibawah satuan batalyon baru, Yonif 735/Nawasena.

Dalam kesempatan itu, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial menjelaskan, pembentukan batalyon baru, yaitu Yonif 735/Nawasena itu merupakan realisasi dari kepercayaan masyarakat, pemerintah daerah dan segenap komponen bangsa yang ada di wilayah Maluku Tenggara.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

“Peresmian Yonif 735/Nawasena yang kita laksanakan hari ini, menandai bertambahnya gelar kekuatan TNI Angkatan Darat di wilayah Kodam XVI/Pattimura. Hal ini tentunya, telah melalui berbagai pertimbangan dan kajian yang mendalam secara cermat dan seksama terhadap berbagai aspek," kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Senin, 29 Januari 2024.

VIVA Militer: Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syafrial resmikan Batalyon baru TNI

Photo :
  • Pendam XVI/Pattimura

Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kas Kostrad) itu juga berpesan kepada seluruh prajurit Yonif 735/Nawasena agar senantiasa menjaga dan memelihara kepercayaan yang telah diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat dan masyarakat dengan sebaik-baiknya.

"Jaga silaturahmi serta jalin komunikasi, bangun sinergitas, solidaritas dan kolaborasi yang baik dengan Polri, Pemerintah Daerah dan segenap masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara untuk mewujudkan situasi wilayah yang aman dan kondusif," ujarnya.

Tidak hanya itu, Pangdam Pattimura juga berpesan kepada seluruh personel Yonif 735/Nawasena agar terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya prajurit yang profesional, memiliki semangat dan etos kerja yang tinggi. 

"Segera menyesuaikan diri dengan lingkungan wilayah tugas yang ada, pahami adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat di wilayah," tutur Pangdam Pattimura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya