TNI AL Berhasil Evakuasi Jasad Petugas Damkar yang Tenggelam Ditelan Pusaran Air Sungai Martapura

VIVA Militer: Prajurit TNI AL dan Tim SAR evakuasi jasad petugas Damkar
Sumber :
  • Dispenal

Banjarmasin – Seorang petugas pemadam kebakaran (Damkar) Belitung, Arif Wirayuda Rahman yang dikabarkan hilang sejak Senin siang, 29 Januari 2024 ditelan pusaran air di Sungai Martapura, Banjarmasin akhirnya dapat ditemukan oleh Prajurit Pos Binpotmar TNI AL Trisaksti Lanal Banjarmasin

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

Arif berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Senin, 29 Januari 2024 malam sekitar pukul 19.30 WITA setelah prajurit TNI AL bersama Tim Search and Rescue (SAR) dari Basarnas Kalimantan Selatan, serta Polairud Banjarmasin berjibaku sejak Senin siang mencari di sepanjang aliran Sungai Martapura, setelah mendapatkan kabar bahwa seorang petugas Damkar itu menghilang terbawa arus Sungai Martapura tersebut.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Lanal Banjarmasin, Selasa, 30 Januari 2024, seorang petugas Damkar yang bernama Arif Wirayuda Rahman tenggelam pada Senin siang ketika sedang mencuci selang di sungai Martapura, tepatnya di dekat Menara Pandang Kota Banjarmasin bersama seorang rekan kerjanya.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Pada pukul 14.20 WITA korban berenang mengikuti arus sungai hingga ke tengah sungai. Namun, beberapa saat kemudian korban berteriak minta tolong sambil melambaikan tangan keatas. Tak berselang lama, korban menghilang masuk ke dalam pusaran air dan tidak terlihat lagi. 

Kemudian, rekan korban yang menyaksikan insiden tersebut langsung menghubungi pihak keluarga dan meminta bantuan tim SAR untuk membantu proses pencarian korban.

Ancam Israel, Jenderal Ali Belali Tunjukkan Deretan Senjata Pemusnah Iran

Berdasarkan informasi dari masyarakat atas tragedi tersebut, Tim SAR  gabungan dan masyarakat sekitar langsung melaksanakan pencarian terhadap korban. 

"Pada pukul  19.30 WITA korban ditemukan di perairan Sungai Martapura dalam  keadaan mengapung tidak bernyawa (meninggal dunia). Selanjutnya korban di evakuasi oleh tim SAR gabungan dan dibawa ke rumah duka untuk diserahkan kepada pihak keluarga," kata Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan dalam keterangan resminya. 

Sementara itu, Komandan Pos Binpotmar TNI AL Trisakti Lettu Laut (PM) Santoso yang memantau langsung proses pencarian korban mengingatkan kepada seluruh masyarakat sekitar Sungai Martapura agar selalu menjaga faktor keamanan dalam setiap kegiatan terutama saat berenang di sungai. Sebab, menurut dia dalam pekan terakhir jajaran Pos Lanal Banjarmasin bersama stake holder Lainnya telah beberapa kali melaksanakan SAR terkait orang tenggelam.  

Oleh karena itu dia mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati ketika melakukan aktivitas di sekitar Sungai Martapura tersebut.

Di tempat terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengapresiasi gerak cepat prajurit TNI AL dalam merespon dengan cepat situasi di lapangan. Kasal pun berpesan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menerima informasi yang diterima, serta bersinergi dengan instansi terkait dan stakeholder guna menjaga keamanan wilayah perairan, dalam hal ini membantu pencarian korban tenggelam di wilayah perairan Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya