Kapal Perang Koarmada III TNI AL Bantu Kirim Logistik Pemilu ke 13 Pulau di Maluku Barat Daya

VIVA Militer: Prajurit TNI AL Koarmada III distribusikan logistik Pemilu di MBD
Sumber :
  • Dispen Koarmada III

Maluku – Seluruh rakyat Indonesia sebentar lagi akan melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan atau Pemilu yang akan digelar secara serentak pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Sebagai negara kepulauan, distribusi logistik pemilu selalu menjadi tantangan tersendiri. Guna mensukseskan Pemilu 2024 tersebut, TNI Angkatan Laut pun mengerahkan sejumlah alutsista kapal perang TNI AL untuk mendistribusikan logistik pemilu seperti kotak suara, kertas suara, dan lain sebagainya ke sejumlah pulau-pulau terpencil yang berada di sejumlah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada hari Sabtu, 10 Februari 2024 lalu, Koarmada III Sorong telah mengerahkan jajaran alutsistanya yaitu KRI Teluk Wondama-527 untuk mengirim logistik Pemilu ke 13 wilayah kepulauan di sekitar Maluku Barat Daya.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispen Koarmada III, Senin, 12 Februari 2024, KRI Teluk Wondama-527 bertolak menuju 13 pulau di sekitar Maluku Barat Daya dari Pelabuhan atau Dermaga Tawiri Ambon. 

Komandan kapal perang KRI Teluk Wondama-527, Letkol Laut (P) Sriadi mengatakan, mobilisasi logistik pemilu itu dilaksanakan atas perintah Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda (Laksda) TNI Hersan dalam rangka mendukung dan mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024 di 13 titik wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

VIVA Militer: KRI Teluk Wondama-527 turunkan kotak suara ke kapal kecil di MBD

Photo :
  • Dispen Koarmada III

Komandan KRI Teluk Wondama-527 menambahkan, dalam pendistribusian logistik Pemilu tersebut, turut serta onboard di KRI Teluk Wondama-527 yaitu personel dari KPU, Bawaslu, Kesbangpol Kab. Maluku Barat Daya, aparat TNI AD dari satuan Kodim 1511/ Pulau Moa, serta anggota kepolisian dari Polres Kab. Maluku Barat Daya (MBD).
  
"Adapun pada rute pertama pendistribusian logistik Pemilu Serentak 2024 di wilayah Maluku Barat Daya dilaksanakan di perairan Pelabuhan Pulau Moa dan kemudian ke Pulau Kisar, yang selanjutnya akan didistribusikan ke 11 (sebelas) lokasi lainnya, namun tidak semuanya bisa diturunkan langsung di dermaga setempat, tetapi di bantu dengan perahu-perahu kecil atau Patkamla/Speed Boat  milik Pos Angkatan Laut dan aparat lainnya, dikarenakan tidak semua dermaga memadai untuk disandari kapal besar,"  kata Komandan KRI Teluk Wondama-527 Letkol Laut (P) Sriadi.

Di tempat terpisah, Pangkoarmada III Laksda TNI Hersan mengatakan, bahwa pendistribusian logistik Pemilu serentak 2024 yang dilaksanakan unsur-unsur Kapal Perang Koarmada III adalah untuk ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024, dimana Koarmada III telah menyiapkan alutsistanya untuk mendukung distribusi logistik Pemilu tersebut.

"Hal ini sesuai dengan arahan yang telah disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, bahwa Alutsista TNI AL siap mendukung pengiriman logistik Pemilu ke pulau-pulau terdepan dan terpencil yang sulit dilakukan pesawat udara atau lewat darat," ujar Pangkoarmada III Laksda TNI Hersan.

Panglima Koarmada III juga menegaskan bahwa, Koarmada III terus berkomitmen untuk bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2024, sesuai perintah Kasal kepada seluruh prajurit Jalasena dimanapun berada agar kegiatan Pemilu dapat berlangsung aman, jujur dan adil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya