TNI Kerahkan Pasukan Black Baret Serigala Putih ke Zona Merah OPM Nduga

VIVA Militer: Pasukan Yonkav 3 Serigala Ceta
Sumber :
  • Denkav 3 Serigala Ceta

VIVA – TNI Angkatan Darat ternyata enggak cuma mengerahkan pasukan tempur infanteri untuk menjaga keamanan di zona merah rawan gangguan keamanan di Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Tapi juga pasukan kavaleri.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Pasukan baret hitam yang dikerahkan ke Nduga berasal dari Detasemen Kavaleri 3/Serigala Ceta alias Pasukan Serigala Putih.

Berdasarkan siaran resmi Denkav 3/Serigala Ceta dilansir VIVA Militer, Rabu 28 Februari 2024, Pasukan Serigala putih dikerahkan ke Nduga untuk melaksanakan operasi dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Mobile RI-Papua Nugini.

BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

VIVA Militer: Pasukan Yonkav 3 Serigala Ceta

Photo :
  • Denkav 3 Serigala Ceta

Prajurit TNI black baret yang dikerahkan juga enggak banyak. Mereka telah bergerak meninggalkan markas mereka di Kota Timika, Papua Tengah menuju Nduga.

Mabes TNI Mulai Bahas Strategi dan Taktik Pengamanan Tamu Negara Peserta KTT WWF Bali

Selama melaksanakan tugas sebagai Satgas Pamtas Mobile, pasukan tank andalan Kodam Cenderawasih ini akan berada di bawah komando Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Komando Resor Militer (Korem) 172/Praja Wira Yakthi.

"Laksanakan tugas pokok dengan penuh rasa tanggung jawab, selalu waspada, jaga kehormatan dan jangan lupa senantiasa beribadah dan berdoa sesuai dengan agama masing-masing. Berangkatlah dengan penuh kebanggaan dan kembalilah dengan penuh kehormatan," kata Komandan Pasukan Serigala Putih, Kapten Kav Dedy Soeharto David.

VIVA Militer: Pasukan Yonkav 3 Serigala Ceta

Photo :
  • Denkav 3 Serigala Ceta

Untuk diketahui, Nduga merupakan salah satu wilayah rawan gangguan keamanan. Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM kerap turun gunung melancar teror ke masyarakat dan juga aparat keamanan. Karena itulah Nduga menjadi wilayah zona merah OPM.

Saat ada beberapa Satgas TNI berdinas di Nduga, yakni Satgas Batalyon Infanteri 411/Pandawa, Kostrad dan Yonif 433/Julusiri, Kostrad.

Baca: Mengejutkan, Pasukan Karma Bhakti TNI Temukan Kebun Mariyuana Misterius di Tengah Hutan Kombut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya