Pertamina Terus Siapkan BBM Euro 5

Ilustrasi kilang minyak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Bukan hanya mobil dan motor saja yang terus melakukan inovasi teknologi di masa depan, bahan bakar pun demikian. Seakan mengikuti kemajuan dan kebutuhan zaman.

Tambah Dua VLGC, Pertamina International Shipping Jadi Top Tier Pengangkut LPG Asia Tenggara

Seperti yang dilakukan PT Pertamina (Persero) untuk 2025 mendatang. Mereka siap memproduksi bahan bakar baru berstandar Euro5. Berbagai langkah pun saat ini terus dikebut untuk mewujudkannya.

Manager External Communication Pertamina, Arya Dwi Paramita mengatakan, Pertamina sedang membuat program RDMP (Refinery Development Master Plan) untuk meng-upgrade kilang lama dan mendirikan kilang baru untuk bahan bakar Euro 5.

Pertamina dan Polri Tandatangani Kerja Sama Pengamanan Objek Vital Nasional

Terbaru, pihaknya mengkaji ulang desain dasar teknis Front End Enginering Desain (FEED) fasilitas pengolahan minyak (kilang).

“Nantinya yang diproduksi Pertamina langsung Euro5 bukan Euro4 lagi untuk beberapa jenis BBM (ada jenis baru bukan Pertalite atau Pertamax). Ada enam kilang, untuk empat kilang lama di-upgarade dan dua bikin baru,” ujarnya kepada VIVA, Jumat 26 Oktober 2018.

Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite Sesuai Penugasan Pemerintah

Empat kilang Pertamina yang bakal di-upgrade itu terletak di Dumai, Cilacap, Balikpapan dan Balongan. Sedangkan dua kilang terbaru Pertamina rencananya bakal beridi di Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

“Ini semua dalam proses karena pembangunan kilang itu bisa mencapai tujuh tahunan, jadi sekitar 2025 sudah siap. Pada saat tahun itu kemungkinan bukan Euro4 lagi, makanya kami mendesain untuk Euro 5,” tuturnya.

Jika kapasitas produksi bahan bakar Pertamina sebelumnya hanya satu juta barel, sambung dia, dengan adanya tambahan dua kilang minya tersebut kapasitas produksi meningkat, bisa jadi dua kali lipat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya