Jokowi akan Resmikan Pabrik dan Produk Perdana Mobil Esemka

Sejumlah mobil pickup terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Presiden Joko Widodo direncanakan akan hadir dalam acara peluncuran produk dan fasilitas produksi atau pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. Dalam acara peresmian tersebut, Jokowi salah satunya bakal didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Geger Mobil Esemka Pakai Tameng Kabin

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hengki Angkasawan, mengatakan, Esemka siap meluncurkan mobil perdananya sekaligus fasilitas produksi atau pabriknya. Pada peluncuran tersebut akan diluncurkan produk niaga Bima 1.2 dan Bima 1.3 yang berjenis pick-up.

"Dari informasi yang kami dapatkan produk yang diluncurkan berjenis mobil pick-up yaitu Bima 1.2 dan Bima 1.3" ujar Hengki dalam keterangan resmi, Jumat, 6 September 2019.

Kaget Lihat Harga Esemka Bima Tahun Ini

Nama Esemka belakangan ini kembali menjadi bahan perbincangan karena menyatakan siap memasarkan produknya untuk masyarakat.

PT Solo Manufaktur Kreasi sebelumnya juga tengah menyiapkan produk pertamanya. Presiden Direktur Esemka Eddy Wirahaja mengatakan, mobil perdana yang akan dipasarkan adalah jenis kendaraan niaga ringan atau pick-up.

Eks Pabrik Esemka Jadi Rumah Karantina Pemudik yang Nekat Pulang

"Kami sedang mempersiapkan fasilitas, dan juga produksi kendaraan komersial di Boyolali,” ujarnya dikutip dari VIVAnews.

Eddy juga mengatakan, pihaknya menolak Esemka disebut sebagai mobil nasional. Meskipun, kendaraan itu dikembangkan dan diproduksi oleh orang-orang Indonesia, termasuk di dalamnya siswa-siswa SMK di wilayah Jawa Tengah.

"Kami bukan mobil nasional, tetapi produksi mobil di Indonesia. Jadi, jangan salah persepsi, mobil nasional kan cukup luas," tuturnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya