Begini Rute Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Bundaran HI

Rekayasa lalu lintas di sekitar wilayah Bandara Soekarno-Hatta.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Otomotif – Saat ini rekayasa lalu lintas sedang diterapkan oleh Polri di wilayah DKI Jakarta. Hal itu dikarenakan masih banyak permasalahan di jalan yang harus diselesaikan, baik kepadatan maupun para pelanggaran lalu lintas.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Maka dari itu, Polri membuat rekayasa lalu lintas di beberapa titik wilayah yang sering mengalami permasalahan di jalan. Salah satunya di Bundaran Hotel Indonesia (Budaran HI) yang menjadi tempat lalu lalang kendaraan bermotor.

Dikutip dari Korlantas Polri, Senin 4 Juli 2022, Polda Metro Jaya langsung menginformasikan kepada warga Jakarta khususnya pengendara terkait rekayasa lalu lintas ini. Pemberlakuan ini baru saja diterapkan oleh Polri pada hari ini.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI

Photo :
  • Korlantas Polri

“Uji coba sosialisasi rekayasa arus lalu lintas di Bundaran Hotel Indonesia, Senin 04 Juli 2022 mulai pukul 16.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB,” tulis di kolom keterangan akun instagram @tmcpoldametro.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Dinas Perhubungan DKI Jakarta memberitahu, adanya rekayasa lalu lintas tersebut bertujuan untuk mengurangi kepadatan dan konflik lalu lintas di Bundaran HI. Adapun beberapa konflik yang kerap terjadi di daerah tersebut mulai dari kemacetan hingga kecelakaan.

Diketahui, peraturan rekayasa lalu lintas ini dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 10 Juli 2022. Selama tujuh hari ke depan, Polri mengimbau para pengguna jalan agar mematuhi pengalihan arus tersebut dan menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan.

Di sana, ada beberapa beberapa petugas lapangan yang diturunkan oleh Polri untuk mensosialisasikan peraturan ini. Ditambah, sebagai bentuk mereka agar para pengendara mengutamakan keselamatan di jalan.

Berikut daftar rute rekayasa lalu lintas yang diterapkan di wilayah Bundaran HI:

1. Pengalihan lalu lintas dari arah Selatan ke Timur dilakukan secara terbatas dengan prioritas untuk Bus Transjakarta dan rombongan VVIP.
2. Pengalihan lalu lintas dari arah Timur ke utara.
3. Lalu lintas dari Selatan yang akan menuju ke Timur dialihkan melalui Jalan M.H. Thamrin – putar balik di Bundaran Patung Kuda atau di depan Kementerian Perhubungan.
4. Lalu Lintas dari Timur yang akan menuju ke Barat/Utara dialihkan belok kiri melalui Jalan Jenderal Sudirman – putar balik di Landmark Kolong Sudirman – Jalan Galunggung – belok kiri ke Kupingan BNI – Jalan Jenderal Sudirman – dan seterusnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya