Pelat Nomor Kendaraan Dicopot Demi Hindari ETLE, Sanksi Berat Menanti

Pelat nomor baru kendaraan bermotor roda empat
Pelat nomor baru kendaraan bermotor roda empat
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Saat ini Korlantas Polri tengah mendorong pemanfaatan tilang berbasis elektronik atau yang kerap disebut ETLE. Sistem ini akan mencatat, mendeteksi dan memotret pelanggaran kendaraan di jalan raya melalui kamera CCTV.

Adanya kebijakan baru tersebut, membuat sistem tilang manual diminimalisir. Namun, hal ini bukan bearti para pengendara baik kendaraan roda dua maupun roda empat bisa ugal-ugalan di jalan raya. Sistem ini masih belaku, namun ada tapinya.

Dalam kebijakan baru ini, Polda Metro Jaya mengumumkan untuk memastikan pemilik kendaraan tidak boleh mencopot pelat nomor atau menggunakan tidak sesuai dengan data yang terdaftar. Aksi nakal tersebut tidak bisa menghindari kamera tilang elektronik.

Puluhan motor yang digunakan balap liar disita polisi.

Puluhan motor yang digunakan balap liar disita polisi.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan apabila para pengendara masih melakukan hal tersebut akan dipastikan mendapatkan sanksi yang berat. Hal itu dikarenakan sesuai aturan yang sudah ditetapkan.

"Melepas pelat nomor kendaraan merupakan pelanggaran yang cukup berat sehingga kami akan lakukan tindakan tilang untuk penyitaan kendaraan tersebut dengan tilang manual," ujar Latif, dikutip VIVA dari Antara, Selasa 29 November 2022.

Lebih lanjut, dia memberitahu bahwa tindakan mencopot pelat nomor kendaraan ini kebanyakan dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Sementara, pengemudi mobil kerap menggunakan pelat nomor yang tidak sesuai dengan data registrasi kendaraan bermotor.

Halaman Selanjutnya
img_title