Operasi Lalu Lintas saat Liburan Nataru Diterapkan, Ribuan Pelanggar Terjaring ETLE

Mobil ETLE Mobile milik Korlantas Polri.
Sumber :
  • Korlantas Polri

VIVA Otomotif – Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE merupakan sistem yang akan mencatat, mendeteksi dan memotret pelanggaran kendaraan di jalan raya melalui kamera CCTV. Sistem ini telah diterapkan di berbagai wilayah Indonesia.

Terpopuler: Oknum Polisi Aniaya Siswa, Mahasiswa Demo Rektor hingga Suami Mutilasi Istri

Saat ini masyarakat Indonesia tengah memasuki masa liburan Nataru (Natal dan Tahun baru) 2023. Untuk melancarkan kegiatan tersebut, Korlantas Polri melakukan operasi lalu lintas kepada para pengendara baik sepeda motor maupun mobil.

Salah satu bentuk operasi yang mereka terapkan adalah sistem tilang elektronik. Belum ada seminggu diterapkan, mereka sudah menjaring pelanggar lalu lintas yang tertangkap oleh kamera CCTV di berbagai jalan.

Korlantas Polri Setop Sementara Kirim Surat Tilang via WhatsApp, Ini Alasannya

Ilustrasi kamera ETLE

Photo :
  • Korlantas Polri

Kabag Humas Mabes Polri, Kombes Nurul Azizah mengatakan selama operasi lalu lintas ini, kegiatan tilang secara elektronik masih tetap diberlakukan. Bahkan beberapa diantaranya pengendara juga kerap ditegur secara langsung karena melanggar lalu lintas.

Kakorlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk KTT WWF 2024 di Bali

"Melihat dari data pelanggar lalu lintas, berdasarkan hasil pantauan kamera ETLE telah ter-capture sebanyak 1.702 pelanggar dan teguran secara humanis 9.843 pengendara," ujar Azizah dikutip VIVA dari laman Korlantas Polri, Senin 26 Desember 2022.

Adapun para pelanggar yang di incar dari sistem ETLE seperti pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari dua orang, pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman, ganjil-genap dan pengendara yang melawan arus.

Sementara itu, Azizah mengungkapkan volume kendaraan yang masuk dalam perayaan Natal 2022 per pukul 06.00 – 12.00 WIB sudah mulai meninggalkan Jakarta. Hal itu terlihat dari beberapa tol mulai dilintasi oleh mobil penumpang yang diisi sejumlah keluarga.

"Diantaranya volume arus lalu lintas yang melalui gerbang tol Cikampek Utama sebanyak sebanyak 6.964 kendaraan. Sedangkan untuk yang masuk Jakarta melalui gerbang tol Cikampek Utama sebanyak 16.255 kendaraan," tambahnya.

Sekadar informasi, pihak kepolisian mengimbau bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan panjang untuk mempersiapkan beberapa hal seperti, kesehatan, siapkan BBM, dan tidak kalah penting e-toll karena bisa menghambat di pintu keluar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya