Volume Kendaraan Meningkat Saat Arus Balik, Masyarakat Sudah Beraktivitas Kembali

Contra flow di ruas tol Cikampek arah Jakarta saat arus balik libur Tahun Baru
Contra flow di ruas tol Cikampek arah Jakarta saat arus balik libur Tahun Baru
Sumber :
  • Jasamarga

VIVA Otomotif – Pergantian tahun baru 2023 sudah dilewati, banyak masyarakat mulai kembali ke wilayah Jabodetabek. Pasalnya, beberapa dari mereka telah melakukan perjalanan lintas kota untuk pergi liburan maupun bertemu sanak saudara.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak  201.436 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada Hari H Tahun Baru 2023, dikutip VIVA Selasa 2 Februari 2023. Volume tersebut mengalami kenaikan sebesar 17,78 persen jika dibandingkan periode Juni 2022.

Sementara jika dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama mengalami peningkatan sebesar 42,44 persen dengan total 141.421 unit kendaraan. Hal itu membuktikan banyak masyarakat di tahun ini sudah mulai kembali aktivitas lintas kota, pasca pandemi Covid-19.

Kondisi arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak

Kondisi arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak

Photo :
  • Istimewa

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

Dalam data Jasa Marga, distribusi lalu lintas kembali ke wilayah Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 110.009 kendaraan (54,61 persen) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 46.575 kendaraan (23,12 persen) dari arah Barat (Merak), dan 44.852 kendaraan (22,27 persen) dari arah Selatan (Puncak).

Dalam salah satu rincian tersebut yang terbanyak misalnya dari arah timur. para pengendara melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 59.262 kendaraan, meningkat sebesar 56,54 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title