Airlangga Hartarto Buka GIIAS 2023, Sebut Ekspor Otomotif Indonesia Naik 10 Peringkat

Menteri Airlangga Hartarto Buka pameran GIIAS 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto resmi membuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023 di ICE BSD, Serpong, Tangerang. Airlangga mengapresiasi tema GIIAS 2023 yang kali ini mengangkat tema the Future Now itu.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

“Ini menandakan kalau kita harus lebih baik dari tahun lalu. Kita tahu saat ini perekonomian global melambat. Namun, Indonesia berhasil tumbuh di kuartal kedua 5,17%, kita berhasil ekspansi," ujar Menteri Airlangga dalam acara pembukaan GIIAS 2023, Kamis, 10 Agustus 2023 di ICE BSD, Tangerang.

Menko Airlangga juga menambahkan, daya saing ekspor otomotif Indonesia meningkat dari angka 44 menjadi angka 33, dan hingga saat ini pemerintah mendorong penurunan karbon dengan kendaraan listrik.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Menteri Airlangga dan Menteri Agus keliling booth GIIAS 2023

Photo :
  • Arianti Widya

"Indonesia memiliki daya saing ekspor yang meningkat. Sebelumnya kita di posisi 44 lalu naik 10 peringkat jadi di posisi 33. Tapi, untuk Indonesia sendiri, walaupun pemerintah sudah memberikan berbagai insentif, namun angka penggunaan kendaraan listrik masih rendah," jelasnya.

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Maka dari itu, Menko Airlangga meminta agar pameran GIIAS ini bisa mendorong penggunaan kendaraan listrik sesuai dengan tema saat ini, Future Now.

Airlangga tampak didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara pembukaan GIIAS 2023. Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan bahwa industri otomotif Indonesia berhasil mencapai hasil positif dalam penjualan, dan menutup akhir tahun 2022 dengan baik.

"Seluruh hasil positif Indonesia tidak lepas dari dukungan pemerintah indonesia, kami (Gaikindo) laporkan bahwa industri otomotif indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik," tutur Nangoi.

Menurut Yohannes, industri otomotif indonesia juga berhasil menggenjot ekspor hingga 60% pada tahun 2022, mencapai angka tertinggi lebih dari 470ribu unit dan meliputi 93 negara tujuan.

Ia juga mengatakan bahwa pada pelaksanaan GIIAS 2023 mengusung tema Future Now, ini sebagai representasi masa depan industri otomotif Indonesia.

"GIIAS kali ini menampilkan puluhan model dan teknologi terkini industri otomotif indonesia termasuk kendaraan berbasis listrik yang akan diperkenalkan oleh para peserta pameran GIIAS kali ini,"

Ini mencerminkan tujuan dari komitmen otomotif indonesia ikut menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat, tambahnya.

Untuk diketahui, tahun ini GIIAS menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor, termasuk 29 merek kendaraan penumpang yaitu, Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling.

5 merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks.

Serta 15 merek dari kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, 3 merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya