Terpopuler: Pajak Progresif DKI Jakarta Naik, Merek Mobil Paling Laku 2023

Ilustrasi STNK di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Jakarta, 17 Januari 2024 – Ada beberapa berita yang tayang di VIVA Otomotif pada Selasa kemarin, dan banyak dibaca sehingga menjadi terpopuler. Mulai dari pajak progresif DKI Jakarta naik, sampai dengan merek mobil paling laku 2023.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

1. Pajak Progresif Kendaraan Bermotor DKI Jakarta Naik!

Samsat Jakarta Barat

Photo :
  • Dokumentasi Samsat
Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi menaikkan tarif pajak progresif untuk kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat. Aturan baru ini tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, yang diundangkan sejak 5 Januari 2024.

Dikutip VIVA Otomotif dari Perda tersebut, kenaikan pajak progresif ini berlaku untuk kepemilikan kendaraan kedua dan seterusnya, sebesar 0,5 persen dari tarif sebelumnya. Lihat informasinya di tautan ini.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

2. Daftar Merek Mobil Paling Laku 2023, Punyamu Urutan Berapa?

VIVA Otomotif: Pameran GIIAS 2023

Photo :
  • Dok: Seven Event

Tahun 2023 belum berpihak pada industri otomotif Tanah Air. Walau Toyota masih perkasa di singgasana merek mobil terlaris, penjualan mobil secara nasional justru mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Diktuip VIVA Otomotif dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan mobil nasional secara wholesales atau penjualan pabrik ke diler mencapai 1.005.802 unit sepanjang 2023. Simak detailnya di tautan ini.

3. Mobil Hybrid Masuk Daftar Terlaris di Indonesia 2023

Ekspor mobil Toyota Innova Zenix

Photo :
  • Dok: TMMIN

Penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan pada tahun 2023. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil nasional secara wholesales atau dari pabrik ke diler mencapai 1.005.802 unit sepanjang 2023.

Meskipun penjualannya menurun, Toyota tak tergoyahkan. Pabrikan asal Jepang ini kokoh di posisi teratas dengan total penjualan mencapai 325.395 unit, atau menguasai 32,6 persen pangsa pasar. Baca selengkapnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya