Honda Indonesia Tarik Belasan Ribu Honda Jazz

Honda Jazz
Sumber :
  • surfingzone.net

VIVAnews - PT Honda Prospect Motor, Jumat 18 Februari 2011, mengumumkan akan menarik (recall) 30.525 unit mobil Honda dalam rangka penggantian komponen lost motion spring.

Penarikan ini melibatkan 16.300 unit Honda Jazz (produksi Juni 2008 - Maret 2010), 10.592 unit Freed (produksi Mei 2009 - Februari 2010), serta 3.360 unit City (produksi Oktober 2008 - Januari 2010).

Honda Indonesia menyatakan, komponen lost motion spring, yang berfungsi menekan lengan penggerak (rocker arm) pada putaran mesin rendah, setelah kurun waktu tertentu dapat melengkung dan patah, sehingga menimbulkan bunyi mesin yang tidak normal.

Kata Pelatih Uzbekistan Usai Dipecundangi Jepang di Final Piala Asia U-23

Kerusakan ini berpotensi menyebabkan mesin mogok. Komponen ini terdapat pada rocker arm mesin VTEC pada sebagian Honda Jazz, Honda City, dan Honda Freed yang diproduksi dalam kurun waktu tertentu.

Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, Yukihiro Aoshima, mengatakan bahwa perusahaan telah menerima laporan sebanyak 15 kasus atas kerusakan komponen ini. Semua kasus terjadi dalam kondisi mobil sedang berhenti (stasioner), sesaat setelah mesin dihidupkan.

Dalam kasus-kasus itu, bunyi abnormal yang berlebihan muncul dan dapat terdengar. "Tidak ada laporan mengenai kecelakaan atau cedera yang pernah terjadi," kata Yukihiro.

Honda Indonesia menyatakan siap mengganti komponen lost motion spring pada semua mobil yang teridentifikasi tanpa mengenakan biaya. Honda juga akan memberitahukan secara langsung kepada para pemilik mobil untuk melakukan perbaikan.

Konsumen yang mobilnya teridentifikasi disarankan melakukan booking penggantian komponen di bengkel resmi Honda. Proses penggantian memerlukan waktu 3 jam.

Zulhas Respons Soal PKB-Nasdem Merapat ke Prabowo: Dulu Saya Dukung Katanya Pengkhianat

Penggantian komponen rencananya akan dimulai pada 28 Februari di seluruh Jawa, serta pada 2 Maret untuk wilayah luar Jawa. Program ini akan berlangsung selama 6 bulan.

Untuk informasi lebih lanjut, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care di nomor telepon 0-800-1122-789, Senin-Jumat dari jam 09.00 – 17.00 WIB  atau menghubungi dealer resmi Honda terdekat.

Ria Ricis

Resmi Cerai Ria Ricis Curhat Gak Pernah Dibela, Singgung Teuku Ryan?

Unggahan ulang akun tersebut mendapat respons dari Ria Ricis. Ibu dari Moana ini nampak memberikan komentar seolah curhat.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024