Alasan GM Menang Lawan Toyota

Gudang mobil Toyota
Sumber :
  • csmonitor.com

VIVAnews - Kasus recall dan bencana tsunami di Jepang, telah membantu pabrikan Amerika Serikat kembali ke puncak industri otomotif dunia. Sejak beberapa tahun lalu, General Motors dijatuhkan oleh kebangkrutan, dan kini raksasa Amerika ini kembali meraja.

General Motors akhirnya mengalahkan kedigdayaan pabrikan Jepang Toyota dan juga raksasa Eropa Volkswagen, sebagai produsen otomotif nomor satu di dunia. Sementara itu, Toyota, harus puas berada di tempat ketiga setelah Volkswagen yang mengisi tempat kedua.

Dengan penurunan produksi 23 persen, Toyota berhasil menjual 3,37 juta unit pada semester pertama ini. Penjualan itu membuat Toyota terlempar dari posisi pertama produsen otomotif terbesar dunia.

Sementara itu, General Motors, yang sempat kolaps pada 2008, memasuki paruh pertama 2011, penjualan globalnya mencapai 4,53 juta unit. Selanjutnya, Volkswagen menempati posisi kedua dengan pencapaian 4,13 juta unit.

Namun, Toyota sekarang sedang berbenah. November, kapasitas produksinya kembali pulih. Bisa jadi pabrikan Jepang ini akan kembali mengambil alih pimpinan puncak dari General Motors.

"Tapi, saat produksi pulih, Toyota masih perlu beberapa bulan untuk memperbaiki penjualan. Karena butuh waktu untuk menyuplai kendaraan ke dealer,” kata Takeshi Miyao, analis di perusahaan konsultan Carnorama di Tokyo, seperti dikutip Carbuzz, Selasa 9 Agustus 2011.

Sementara itu, produsen mobil Korea Selatan, Hyundai, melaporkan keuntungan yang besar. Penjualan Hyundai melonjak 11 persen pada semester pertama menjadi 1,96 juta unit. (art)

Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Ekonomi Sirkular
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

Jakarta LavAni Allo Bank Electrik yang merupakan juara bertahan mengawali Proliga musim 2024 dengan meraih kemenangan 3-0 atas Jakarta Garuda Jaya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024