GM Siap Jadikan RI Basis Produksi Mobil Murah

Kantor Pusat General Motors di Detroit, Amerika Serikat
Sumber :
  • AP Photo/Paul Sancya

VIVAnews - General Motors berencana membangun pabrik mobil di Indonesia seiring dengan melemahnya pasar Eropa dan Amerika. GM berharap, Indonesia nantinya bisa menjadi pusat ekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara.

Mengutip orang dekat GM, Wall Street Journal menyatakan, GM akan mengumumkan rencana ini dalam waktu dekat. "GM akan membangun pabrik di dekat Jakarta yang bisa menghasilkan 50 ribu kendaraan per tahun," tulis laporan itu, seperti dikutip laman Automotive News, Jumat 12 Agustus 2011. Namun, belum ada komentar dari GM soal rencana ini.

Ide menjadikan Indonesia sebagai basis produksi karena produsen mobil AS ini ingin mengubah dominasi pasar otomotif Indonesia. Selama ini, pasar Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara masih didominasi pabrikan Jepang. 

Selain itu, menurut laporan, Indonesia juga memungkinkan sebagai basis produksi mobil murah yang bisa diekspor ke negara-negara Asia Tenggara, termasuk Filipina, Malaysia, dan Vietnam.

GM meninggalkan pasar Indonesia pada pertengahan 2000-an ketika menutup pabrik perakitan kecil di dekat Jakarta. GM juga ingin memindahkan pabrik lagi ke Indonesia karena penjualan yang melambat di pasar lain, seperti Amerika Serikat dan Eropa.

Terpopuler: Viral Mobil Pikap Pelat Cantik, Gaji UMR Bisa Punya Pajero Sport
Mobil dinas Brimob Polda Papua tampak terlihat saat dibawa kabur

Gak Ada Takutnya, Maling Curi Mobil Dinas Brimob Polda Papua saat Parkir di Bandara Sentani

Pencurian mobil dinas Brimob saat personel Satbrimob Polda Papua hendak menjemput anggota Satgas Damai Cartenz di Bandara Sentani, Jayapura.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024