Mobil Ini Siap Gusur Dominasi Fortuner

Pajero
Sumber :
  • VIVAnews/Marco Tampubolon

VIVAnews - Inilah kuda hitam yang mencuri perhatian masyarakat saat ini. Bahkan, varian Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut dalam waktu singkat sudah menjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi di Indonesia.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Adalah Pajero Sport yang kurang dari empatĀ  tahun popularitasnya meroket luar biasa. Penjualannya terus mengekor musuh bebuyutannya di segmen family SUV, Toyota Fortuner.

Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 misalnya, total penjualan Pajero Sport mencapai 890 unit atau 90% dari total penjualan PT Kramayudha Tiga Berlian (KTB), agen pemegang merek Mitsubishi di Indonesia.

Fortuner memang masih unggul dengan 925 juta unit, namun jaraknya semakin lama semakin menipis. Apa sebenarnya kunci sukses line up Pajero Sport ini? Kemungkinan adalah kejelian PT KTB dalam menghadirkan variasi tipe untuk mencukupi berbagai segmen konsumen.

Saat ini ada 5 varian Pajero Sport di rentang harga Rp361 jutaan hingga Rp468 jutaan. Penjualan Pajero Sport di IIMS 2011 sedikit banyak memetakan selera pasar terhadap mobil tersebut. Model yang paling banyak difavoritkan konsumen adalah Pajero Sport tipe Exceed 4x2 AT (Rp378 juta) yang terjual 703 unit.

Model ini difavoritkan karena transmisi matik dan harganya yang lebih terjangkau. Popularitas mobil matik saat ini memang sudah melebihi manual. Namun, bukan berarti peminat transmisi manual habis. Buktinya, Pajero Sport GLS 4x2 MT (Rp361 juta) terjual 50 unit,masih cukup banyak.

Sementara tipe GLX 4x4 MT (Rp412 juta) yang lebih niche hanya terjual 5 unit. Pembelinya mungkin mereka yang banyak bergelut di kawasan offroad. Selain tiga tipe standar itu, PT KTB juga merilis dua tipe Dakar yang tak hanya makin sporty tampilannya, juga makin bertenaga dan canggih mesinnya.

Buktinya, Pajero Sport Dakar (PSD) Hi-Power 4x2 (Rp408 juta) mendapat respons cukup bagus di IIMS 2011. Mobil ini terjual hingga 128 unit.Sementara model lainnya, Dakar AT Hi-Power 4x4 AT (Rp468 juta) yang juga menyasar model segmented itu terjual 6 unit.

"All Round Family SUV Mitsubishi bahkan mampu menjadi market leader di kelas SUV disel saat ini," ujar Direktur Pemasaran PT KTB, Riswan Alamsyah di Jakarta, Rabu 17 Agustus 2011.

Ria Ricis

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Ria Ricis membuat transisi make up yang di awal wajahnya terlihat sangat polos serta hanya berpakaian kaos dengan jilbab hitam, kemudian ia menari-nari kecil.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024