GM Resmikan Pabrik Mesin Diesel Thailand

Ilustrasi pabrik otomotif.
Sumber :
  • General Motors

VIVAnews – General Motors (GM) meresmikan fasilitas manufaktur mesin diesel terbaru paling canggih di Rayong, Thailand, Jumat 9 September 2011. Fasilitas senilai US$200 juta berdekatan dengan manufaktur mobil GM yang merupakan investasi rangkaian penggerak mesin (powertrain) GM yang paling signifikan di kawasan Asia Tenggara.

Dalam keterangan tertulis, fasilitas dengan luas 54.275 meter persegi adalah pabrik mesin diesel GM pertama di kawasan tersebut, serta pabrik pertama di dunia yang memproduksi serangkaian mesin diesel terbaru dengan teknologi Duramax empat silinder.

Fasilitas ini memiliki kemampuan memproduksi 120 ribu mesin per tahun yang digunakan kendaraan yang diproduksi di Thailand dan pasar lainnya di dunia. GM mengharapkan dapat menggunakan pasokan komponen senilai US$94 juta yang diproduksi di Thailand bisa memulai produksi pada 2012.

Tahap pertama produksi mesin akan digunakan dalam mobil pikup All-new Chevrolet Colorado yang dihasilkan di Rayong, setelah pengembangan teknik dan retooling fasilitas lini perakitan (assembly line) kendaraan.

Fasilitas powertrain baru GM Thailand merupakan komponen kunci dari strategi pertumbuhan GM di Asia Tenggara. Tujuan GM adalah menjadi produsen mobil terkemuka dan mesin berkelas dunia di seluruh kawasan.

Pembukaan fasilitas tersebut menyusul pengumuman komitmen GM untuk menginvestasikan US$150 juta dalam reaktivasi fasilitas manufaktur di Bekasi, Indonesia. Fasilitas di Bekasi akan memproduksi serangkaian jenis mobil penumpang baru untuk pasar Asia Tenggara.

Acara peresmian fasilitas manufaktur powertrain di Rayong di hadiri oleh Presiden GM Asia Tenggara Martin Apfel serta Sekretaris Departemen Perindustrian Thailand Witoon Simachokdee, dan Atase Perdagangan Kedutaan Besar  Amerika Serikat di Thailand, Michael L. McGee. Selain itu, karyawan GM Thailand, dealer GM lokal, dan pemasok juga hadir dalam acara tersebut.

"GM berkomitmen mengembangkan bisnis di seluruh kawasan Asia Tenggara," kata Apfel. "Dengan dioperasikanya fasilitas manufakur mesin ini kami dapat memenuhi komitmen GM untuk memberikan teknologi mesin diesel ramah lingkungan lebih efisien dan performa lebih tinggi untuk konsumen kami."

Berteknologi Canggih

Fasilitas manufaktur powertrain baru yang akan memperkerjakan hingga 500 karyawan pada akhir tahun ini, memiliki rekam jejak manufaktur (manufacturing footprint) yang lengkap. Fasilitas tersebut telah menggunakan teknologi komputer mutakhir dan peralatan yang dipandu oleh laser untuk meningkatkan presisi dan memastikan kualitas yang tinggi. Teknologi ini sangat fleksibel, dengan kemampuan untuk beralih antara memproduksi mesin varian 2,5-liter dan 2,8-liter, tergantung permintaan pasar yang akan terus berubah.

Pabrik ini telah menggunakan teknologi yang memastikan tiada debu dalam fasilitas serta teknologi sistem iklim yang sepenuhnya dikontrol (fully climate controlled) untuk mengelola kelembaban fasilitas dan menciptakan lingkungan yang optimal untuk memproduksi mesin yang berkualitas.

GM Thailand juga menggunakan teknologi ramah lingkungan yang canggih diseluruh fasilitas, termasuk menggunakan sistem pencahayaan yang mengkonsumsi energi 40 persen lebih rendah dibandingkan dengan sistem pencahayaan biasa.

Sebelum dibukanya pabrik tersebut, fasilitas ini telah melewati proses validasi yang ketat selama sembilan bulan untuk menjamin tingkat produksi yang optimal dan kualitas terbaik sejak dibukanya fasilitas tersebut.

Diesel Duramax

Mesin diesel varian 2,5-liter dan 2,8-liter yang baru ini adalah produk terbaru dari kategori mesin truk Duramax. Mesin tersebut memiliki fitur overhead cams, turbocharging dan durable aluminum cylinder heads untuk kualitas dan daya tahan yang tinggi.

Dirancang untuk menghasilkan torsi paling tinggi di kelasnya, handal, dan hemat bahan bakar. Mesin Duramax empat silinder telah diuji dalam kondisi ekstrim di Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Mesin Duramax tersebut telah memenuhi standar emisi Euro IV dan dapat digunakan untuk apikasi penggerak roda depan atau penggerak roda belakang dan depan (all-wheel-drive).

Selain itu, mesin Duramax tersebut juga telah lulus proses validasi ketat yang telah dilewati oleh mesin diesel Duramax 6,6-liter turbo yang dijual di Amerika Utara. Mesin Duramax yang lebih besar itu terkenal untuk performa yang tinggi dan mempunyai reputasi kehandalan serta daya tahan. Lebih dari 1,3 juta unit mesin Duramax 6.6-liter telah terjual sejak tahun 2001.

Fasilitas powertrain baru ini telah manambah investasi GM di Thailand sebesar US$1,3 miliar sejak 1998. (eh)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024