KIA Siap Rebut Segmen Pasar Hatchback

All New Kia Rio
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Produsen mobil asal Korea Selatan, KIA, akan resmi meluncurkan varian hatchback terbarunya All New Rio, pada 1 Desember 2011. Namun, mobil lima pintu ini sudah kebanjiran pesanan.

"Responnya cukup baik saat kita lakukan soft launching. Bahkan sudah ada pengajuan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) sebanyak 100-200 unit ," kata Direktur Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono di sela-sela acara test drive All New Rio, Bogor, Jawa Barat, Senin 28 November 2011.

Hartanto menargetkan All New Rio biasa terjual sekitar 4.000 unit pada awal tahun depan. "Untuk saat ini kita sudah ready stock sekitar 400-500 unit. Jadi tidak perlu takut indent lama," jelasnya.

Segmen hatchback sedang menjadi tren tersendiri di pasar otomotif tanah air karena kecil dan irit bahan bakar.

Menurutnya hingga Januari-Oktober 2011, penjualan KIA masih didominasi oleh All New Picanto dengan torehan penjualan 3.600 unit atau sekitar 53 persen. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Kia Sportage dengan total penjualan 700 unit, dan KIA Pregio sekitar 300 unit.

Ke depannya KIA juga akan terus menambahkan jaringan unit gerai di kota-kota besar khususnya pulau Jawa. Hartanto mengungkapkan saat ini market terbesar KIA berada di Jabodetabek, yakni 45 persen.

Korea Selatan U-23 Beber Situasi Tak Enak Lawan Indonesia U-23

"Kami targetkan sekitar 10 unit gerai baru di Bandung, Jogja, Medan, Surabaya dan Makasar. Jadi tahun depan kita harapkan sudah ada sedikitnya 50 gerai KIA di seluruh Indonesia," imbuhnya.

All New KIA Rio adalah generasi selanjutnya dari varian KIA Pride. Hatchback lima pintu ini memiliki bodi yang membulat atau menghilangkan kesan kotak. Wajah mobil juga semakin tampan dengan tambahan grill, bumper, dan lampu kabut.

All New KIA Rio 70 mm lebih panjang daripada generasi sebelumnya. Tentunya membuat ruang penumpang dan bagasi menjadi lebih luas.  Dengan tinggi 1.455 mm, mobil mungil ini sangat aerodinamis dan sporty.

Mobil pabrikan negeri ginseng ini dipersenjatai mesin Gamma 1.4 liter berbahan bakar bensin 4 silinder yang sangat efisien. Mesin ini dapat menghasilkan kekuatan maksimal 107 ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal sebesar 13.8 kg.m pada 4.200 rpm.

All New Rio dipasarkan dengan 7 pilihan warna yaitu solid white, bright silver, grahite greay, black, fresh beige, signal reda, dan wendy brown. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp159,9 juta untuk versi manual, dan  Rp173,9 juta versi automatic.

VIVA Militer: Juru Bicara Hamas Palestina, Abu Ubaida (Abu Obeida)

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Sikap Hamas tiba-tiba melunak dengan bersedia meletakkan senjata dengan imbalan solusi dua negara Israel dan Palestina dengan perbatasan sebelum tahun 1967.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024