Alasan Yamaha Jor-joran Luncurkan Produk Baru di Awal Tahun

Yamaha di Indonesia Motorcycle Show 2014
Yamaha di Indonesia Motorcycle Show 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Penjualan kendaraan roda dua turun sepanjang kuartal pertama 2015, atau persisnya merosot hingga 19,1 persen dari tahun sebelumnya.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengungkapkan, bahwa menurunnya penjualan motor di awal tahun berdampak cukup besar untuk penjualan sepeda motor Yamaha, baik itu matik, bebek hingga sport.

Assistent General Manager Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur, mengatakan bahwa naiknya harga sejumlah bahan pokok menyebabkan daya beli masyarakat menurun.

“Penjualan turun karena naiknya harga gas elpiji, listrik dan BBM. Sebagian besar yang terkena dampak adalah konsumen motor,” ungkapnya kepada VIVA.co.id, Selasa 14 April 2015.

Namun ia memprediksi, penjualan akan meningkat dalam waktu tidak lama lagi, atau bertepatan dengan mulainya bulan Ramadan. Tren membawa pulang motor baru ke kampung memang sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat Indonesia.

“Harapannya sih bulan puasa membaik, karena Yamaha banyak launching motor di awal tahun, agar konsumen memiliki banyak pilihan saat hendak membeli pas puasa, atau menjelang bulan Ramadan,” jelasnya.

Berdasarkan data yang disampaikan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Yamaha berada di posisi kedua dengan total penjualan 464.469 unit (28,21 persen) pada kuartal pertama tahun ini. (ren)