Dehidrasi Saat Mengemudi Setara Pengaruh Alkohol

Ilustrasi. Mengemudi.
Sumber :
  • kusukkasak.com

VIVA.co.id - Berkendara dalam pengaruh minuman beralkohol memang sangat dilarang karena berisiko mengakibatkan kecelakaan. Namun bukan hanya alkohol yang membuat kesadaran pengemudi terganggu. Dehidrasi juga berbahaya.

Survei Mengejutkan, 8 Fakta Mengemudi Sambil Main HP

Dilansir Daily Mail, kurang cairan dalam tubuh memang sangat berbahaya terutama saat Anda mengemudi. Hal itu juga didukung dengan sebuah penelitian yang dilakukan Loughborough Universit belum lama ini.

Dalam penelitian tersebut, pengemudi yang mengkonsumsi air hanya 25 ml per jam dapat melakukan kesalahan di jalan raya sama seperti yang terjadi saat pengemudi di bawah pengaruh alkohol.

Berikut Ini Daftar Model Mobil Terbaik di 2015

Orang yang dehidrasi juga dapat mengalami kesalahan dua kali lebih banyak dibandingkan pengendara yang tidak dehidrasi. Penelitian ini telah diterbitkan Journal of Physiology and Behavior.

Menurut Profesor Ron Maughan dari Emeritus Professor of Sport and Exercise Nutrition, dehidrasi adalah 'bahaya yang belum diakui' untuk para driver. Hal itu tentu sangat disayangkan.

"Kita semua menyesalkan mabuk saat mengemudi, tetapi kita tidak biasa berpikir tentang efek hal-hal lain yang mempengaruhi kemampuan mengemudi, dan salah satu dari mereka tidak minum dan dehidrasi,” kata Maughan.

Mitsubishi Sabet Penghargaan Sales Satisfication Index 2015

Para peneliti juga banyak yang mengatakan, bahwa tidak memiliki cukup air dalam tubuh dapat menyebabkan aktivitas otak berkurang, serta penurunan konsentrasi, kewaspadaan dan memori jangka pendek.

Adapun pengujian ini dilakukan selama dua hari terhadap para pengemudi laki-laki menggunakan driving simulator. Setiap relawan menggunakan simulator ini ketika mereka dehidrasi dan diperbolehkan minum sebanyak 200 ml per jam.

Tes kembali dilakukan pada hari berikutnya, namun kali ini peserta  hanya minum air 25 ml setiap jam. Pengetesan juga dilakukan dua jam perjalanan dalam kondisi macet dengan laju kendaraan sangat lambat.

Selama tes hidrasi normal, ada 47 kesalahan mengemudi.  Namun angka ini menjadi naik sebanyak 101 kesalahan ketika orang-orang itu dehidrasi.

Range Rover edisi spesial untuk berburu

Lima Mobil yang Memiliki Pelanggan Setia

Pemilik hanya akan mengganti dengan merek dan model yang sama.

img_title
VIVA.co.id
1 Februari 2016