Sisi Lain Pameran Otomotif IIMS 2015

Pengelap mobil di acara IIMS 2015.
Sumber :
  • Ade Alfath/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Tahukah Anda, bagaimana mobil-mobil yang dipajang di pameran otomotif selalu bersih dan mengilap? Jangankan berdebu, bekas sidik jari yang tertinggal saja sulit ditemui pada mobil-mobil tersebut.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Di balik resiknya kendaraan-kendaraan yang dipajang, tentu saja ada orang yang seolah termaginalkan, yang selalu setia untuk mengelap dan membersihkannya.

Mereka adalah petugas cleaning service, atau biasa disebut pengelap mobil. Dalam hajatan pameran otomotif seperti Indonesia International Motor Show (IIMS), kehadiran mereka mutlak dibutuhkan.

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

Salah seorang pengelap mobil di salah satu booth mobil di IIMS, Ario (21), mengatakan, tugasnya adalah menjaga kebersihan seluruh mobil yang dipajang, dari mulai acara dibuka hingga tutup.

"Pengunjung ada yang datang meninggalkan sidik jari, jadi itu yang harus dibersihkan" kata Ario kepada VIVA.co.id, Jumat 28 Agustus 2015.

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016

Bekerja dengan sistem kerja bergantian, Ario dan rekan-rekannya bekerja setiap 20 menit. Menurutnya, untuk satu booth, biasanya mempunyai enam orang yang bertugas mengelap mobil.

"Tim kita ada enam orang. Sekali turun (bekerja) dua orang. Kita kerja bergantian, 20 menit kerja, 20 menit istirahat," kata Ario.

Untuk membersihkan mobil, para pengelap mobil juga menggunakan bahan khusus, seperti handuk jenis microfiber, cairan khusus untuk bodi, dan cairan pembersih kaca untuk kaca mobil.

Meski tidak menyebutkan berapa bayaran untuk jasa yang ia tawarkan, namun dari pekerjaan tersebut, kata Ario, penghasilan yang diterima dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya