GIIAS 2015 Diklaim Terbesar Keenam di Dunia

Suasana pengunjung GIIAS 2015.
Sumber :
  • Dok: GIIAS 2015

VIVA.co.id - Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, akhirnya resmi ditutup kemarin, Minggu 30 Agustus 2015. Acara yang digelar sejak 20-30 Agustus 2015 itu, disebut-sebut merupakan pameran terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Bahkan, menurut ketua Penyelenggara GIIAS 2015, Johnny Darmawan, pameran yang digelar di Indonesia Convention Exhibition itu bisa disandingkan dengan beberapa pameran otomotif lain yang ada di dunia.

Johnny mengatakan, GIIAS 2015 bisa disebut menjadi pameran otomotif yang terbesar karena beberapa faktor.

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

“Pertama, masalah gedung ini kan gede (daya tampungnya). Lalu kedua, acara pembukaannya dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ketiga, desain segala macam (booth agen pemegang merek),” ungkapnya.

Johnny juga mengatakan, untuk masalah venue, saat ini  pameran otomotif yang paling besar adalah Shanghai dan Beijing. Sedangkan untuk model pemeran yang paling besar dan lebih bergairah, yakni Frankfurt Motor Show yang pertama, dan keempat adalah Detroit Motor Show.

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016

Berkaca dari tiga faktor tersebut, Johnny mengaku mendapat sanjungan dari media asal Jepang, di mana seorang wartawan yang melakukan wawancara kepadanya mengakui, pameran GIIAS 2015 termasuk megah dan besar, berbeda dengan ajang pameran yang digelar di Makuhari Messe (convention center terkemuka di Chiba, Tokyo, Jepang).

“Makuhari sudah kalah. Ini lebih bagus, katanya. Jadi, jelek-jeleknya kita nomor enam di dunia. Dengan konsep yang seperti ini, saya sombong sedikitlah,” ujar Johnny.

Kendati demikian, Johnny mengakui, pameran yang digelar di ICE, BSD, Tangerang ini masih sullit bersaing dengan acara pameran otomotif lain di luar negeri, terutama dalam hal daya tarik wisata.

“Kita sering dengar orang bertanya, kapan Frankfurt Motor Show? Kapan Tokyo Motor Show? Kita ingin seperti itu,“ jelas Johnny. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya