Mengenang Perjalanan Mobil Toyota Etios Valco di Tanah Air

Etios Valco Tom's
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Mobil Toyota Etios Valco tidak lagi dijual di Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor terhitung sejak Januari 2018. Alasannya, mobil ini sudah diberhentikan produksinya sejak Oktober 2017. Selain itu. penjualan low hatchback ini memang tidak sesuai harapan.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Dengan diberhentikannya penjualan Etios Valco, maka diketahui mobil ini hanya berusia sekitar lima tahun di pasar otomotif Nasional. PT Toyota Astra Motor (TAM) diketahui meluncurkan Etios Valco sejak Maret 2013.

Penjualan Etios Valco sempat menggeliat di awal kehadirannya. Maklum, mobil ini punya banderol lebih murah dibandingkan sang kakak, Toyota Yaris. Ya, Etios Valco memang kerap menjadi pilihan saat konsumen menginginkan Yaris namun terbentur dengan harga.

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Di Indonesia, Toyota Etios Valco menggendong mesin bensin berkode 3NR-FE dengan empat silinder berkapasitas 1.197cc dengan kombinasi transmisi manual lima percepatan. Dimensinya pun mungil karena hanya memiliki panjang 3.775 milimeter, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 milimeter.

Dengan spesifikasi tersebut, tak heran jika Toyota Etios Valco bukan hanya digunakan sebagai mobil standar. Banyak yang menggunakan mobil ini sebagai mobil balap untuk slalom.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Soal kompetisi, mobil ini memang memiliki beberapa pesaing kuat diantaranya Nissan March bermesin 1.200cc dan Suzuki Celerio. Tak hanya itu, Etios Valco juga harus menghadapi serbuan produk low cost green car dengan mesin 1.200cc seperti Toyota Agya, Datsun GO dan GO+ Panca, Suzuki Karimun Wagon R, Honda Brio, dan Daihatsu Ayla.

Dengan kondisi demikian, tak heran jika penjualannya kian merosot. Data wholesales Gaikido memperlihatkan sepanjang 2017 mobil ini hanya laku terjual sebanyak 665 unit. Kini, mobil dengan banderol mulai Rp151 juta resmi disudahi penjualannya oleh TAM.

VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport berdiri sebagai raksasa SUV yang tak tertandingi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024