Indonesia Gelar Pameran Truk dan Bus Baru, Canggih-canggih

Pameran Bus Unik dan Klasik
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Bagi yang tertarik atau tengah memburu mobil niaga, sepertinya ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo atau GIICOMVEC, menarik untuk dikunjungi. Sebab banyak sekali truk dan bus berteknologi terbaru yang unjuk gigi di pameran tersebut.

Keren, Gran Max Disulap Jadi Mobil Cafe

Acara ini digelar mulai 1 hingga 4 Maret 2018, di JCC, Senayan, Jakarta. Tak cuma pamer, karena beberapa merek akan meluncurkan produk-produk baru di ajang yang baru digelar pertama kali itu.

GIICOMVEC 2018 tercatat diikuti 12 merek kendaraan komersial. Merek-merek itu seperti Daihatsu, DFSK, Hino, Isuzu, Iveco, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, UD Truck, United Tractors, dan Toyota. Uniknya dalam gelaran ini, mobil anak bangsa juga akan ikut berpartisipasi.

Populasi Mobil Pikap Mitsubishi di RI Tembus 1,3 Juta Unit

Truk Hino 500 Series Dakar dipamerkan di GIIAS 2017.

Truk Hino 500 Seri Dakar di GIIAS 2017. Foto: Dok VIVA

Pemerintah Bakal Hentikan Impor Truk Bekas

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, pameran khusus kendaraan komersial ini didorong atas tingginya permintaan terhadap mobil niaga di Tanah Air.

"Untuk itu Gaikindo merasa perlu dan tepat untuk menghadirkan GIICOMVEC pada tahun ini yang diharapkan semakin mendorong kendaraan komersial Indonesia," kata Yohannes dalam sambutannya, Kamis, 1 Maret 2018.

Dengan pameran ini, ia mengharapkan industri kendaraan komersial dapat tumbuh. Dan didukung oleh kebijakan pemerintah yang mendorong peningkatan penjualan tersebut.

Truk Laris Manis

Terkait dengan industri kendaraan komersial, ternyata mengalami pertumbuhan signifikan dalam beberapa waktu ke belakang. Sepanjang 2017 saja penjualan mobil niaga di nusantara mencapai 235.310 unit. Beberapa segmen dinilai mengalami kenaikan.

"Truk naik 45 persen, pikap enam persen dan double cabin 44 persen. Ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Ekspor pada 2017 tercatat 27.358 unit atau naik sembilan persen dari tahun sebelumnya," ujarnya.

Pameran GIICOMVEC 2018 resmi dibuka.

Pameran GIICOMVEC 2018 resmi dibuka. Foto: VIVA/Yunisa

Dalam kesempatan sama, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah mengapresiasi perhelatan mobil niaga ini. Dan berharap pameran tersebut bisa menarik minat pelaku bisnis Tanah Air.

"Jadi pertama kalinya Gaikindo mengonsentrasikan kendaraan komersial kepada publik. Nah ini mungkin untuk menunjukkan kemampuan nasional di bidang komersial sudah cukup kuat, sehingga tentunya pemerintah akan mendukung," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya