Apa Sih Bedanya Mobil Hybrid dan Mobil Biasa

Nissan X-Trail Hybrid.
Sumber :
  • Dok: Nissan Motor Indonesia

VIVA – Pelan tapi pasti, peran mobil berbahan bakar fosil mulai digeser dengan mobil ramah lingkungan, seperti halnya hybrid dan listrik. Meski belum mewabah di jalanan, tetapi populasinya terus bertambah, dan diprediksi masa itu akan datang tak lama lagi.

Nissan Juke Terbaru Meluncur dengan Mesin Hybrid

Apalagi banyak produsen menyiapkan teknologinya, termasuk pemerintah yang terus menggodok regulasinya di Tanah Air.

Lantas apa sih sebenarnya yang dimaksud mobil hybrid dan apa saja keunggulannya? Seperti dilansir situs resmi Nissan, Selasa 20 Maret 2018, mobil hybrid merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi sebagai sumber tenaga.

Suzuki Siapkan Mobil Hybrid yang Dijual Murah Untuk Indonesia

Apabila pada mesin bensin hanya satu sumber tenaga, pada mobil hybrid ada sumber tenaga lain yang berasal dari baterai. Sumber tenaga ini memang tidak digunakan secara langsung, melainkan mesin bensin yang digunakan sebagai sumber daya utama dan mesin baterai digunakan sebagai salah satu sumber energi cadangan menyesuaikan situasi yang ada.

Bagi sebagian besar orang, mobil hybrid kini telah menjadi alternatif kendaraan yang baik dibandingkan kendaraan konvensional lain, karena dapat menghemat bensin lebih lama. Banyak mobil hybrid yang kini memiliki efisiensi bensin dua kali lipat daripada mobil konvensional sehingga dapat memberikan penghematan biaya yang lebih banyak bagi para penggunanya.

Huawei Hadirkan SUV Hybrid Jetour X-1 Dibekali Otonom Level 3

Tidak hanya itu, kini sudah banyak pula para montir yang sudah terlatih untuk merawat dan memperbaiki mesin-mesin pada mobil hybrid dan juga memiliki biaya yang murah.

Selain dapat mengurangi polusi hingga sebesar 90 persen, mobil hybrid juga memiliki biaya perawatan lebih murah, karena biaya perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mobil konvensional. Meskipun memiliki harga baterai yang lebih mahal, masa hidup dari baterai tersebut memiliki garansi yang dapat bertahan hingga seumur hidup.

Mobil hybrid memiliki suara yang hampir sama sekali terdengar dan nyaman dikendarai. Bahkan ketika Anda sedang terjebak macet, maka mesin akan secara otomatis mati dan mobil akan dijalankan menggunakan energi baterai yang sudah disimpan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya