All New Nissan Serena Lebih Mahal Dari Voxy, Bagus Mana?

All New Nissan Serena
Sumber :
  • Dok. PT Nissan Motor Indonesia

VIVA – Meramaikan pasar mobil keluarga kelas premium, PT Nissan Motor Indonesia merilis All New Serena. Mobil jenis Multi Purpose Vehicle atau MPV ini berhadapan dengan Toyota Voxy, yang saat ini paling laris di kelasnya.

Nissan Serena Gantikan Posisi Wuling Cortez di Penjualan MPV Terbanyak

Produsen mobil Nissan di Tanah Air tersebut menawarkan dua varian untuk Serena terbaru, sedangkan Voxy hanya satu varian. Harga jual Serena tipe X dibanderol Rp448 juta dan tipe HWS Rp465 juta on the road Jabodetabek. 

Sementara itu, Toyota melego Voxy dengan harga Rp462,25 juta. Artinya lebih mahal Rp2,75 juta, jika dibandingkan dengan varian tertinggi Serena. Secara dimensi, MPV Nissan tersebut memiliki panjang 4.770 milimeter, lebar 1.740 milimeter, dan tinggi 1.865 milimeter.

Pakai Mesin 2000cc, Segini Konsumsi BBM Nissan Serena Baru

Sedangkan Voxy, dimensi panjangnya hanya 4.710 mili meter, lebar 1.735 mili meter, dan tinggi 1.835 milimeter. Jika disimpulkan dari data tersebut, berarti kapasitas bagasi dan ruang penumpang baris kedua atau ketiga Serena lebih luas ketimbang Voxy.

Untuk jantung pacunya, Serena baru masih mengandalkan mesin berkode MR20DD yang berkapasitas 1.997cc, sama dengan generasi sebelumnya. Tetapi, Nissan telah mendongkrak tenaganya, sebelumnya hanya 137 daya kuda, kini jadi 147,9 daya kuda dan torsi 199 newton meter.

Nissan Optimistis Serena Salip Voxy

Meski begitu, perolehan tenaga Serena baru masih lebih kecil, ketimbang Voxy yang mengandalkan mesin 3ZR-FAE berkapasitas 1.987cc. Sebab, MPV milik Toyota itu dapat menyemburkan tenaga maksimal 149,9 daya kuda, namun torsinya lebih kecil, hanya 193 newton meter. 

Selain itu, Voxy memiliki panoramic sunroof, sedangkan Serena belum. Tapi fitur-fitur lainnya, Serena lebih unggul, karena untuk membuka pintu model gesernya hanya mengayunkan kaki atau disebut intelligent sliding door. Uniknya, pintu bagasi bisa dibuka bagian kaca saja, atau keseluruhan.

Sistem hiburan, produsen merek mobil asal Jepang tersebut menyematkan layar ganda berukuran tujuh inci. Yang pertama, berfungsi sebagai pengatur hiburan. Sedangkan layar kedua, dipakai untuk menampilkan informasi kendaraan, dan didukung layar monitor 11 inci.

"Pelanggan adalah fokus dari semua usaha terbaik kami, dari mulai desain dan fitur mobil hingga ke pengalaman penjualan dan purna jual," ujar Presiden Direktur PT NMI, Isao Sekiguchi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya