Suzuki Wagon R Versi Listrik, Ngecas Baterainya Cuma 1 Jam

Wagon R versi listrik.
Sumber :
  • Indianautos

VIVA – Bukan rahasia lagi bahwa Maruti Suzuki akan meluncurkan mobil listrik pertamanya pada 2020 mendatang. Salah satu fitur menarik yang disematkan oleh Wagon R EV adalah DC fast charging.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Tidak hanya smartphone yang punya kelebihan pengisian cepat, kini mobil listrik juga akan mengadopsi kemampuan ini.

Dilansir dari Autocar, Rabu 27 Februari 2019, waktu pengisian untuk Wagon R EV akan memakan waktu sekira tujuh jam dengan pengisian arus AC standar. Sedangkan jika memakai DC fast charging, maka waktu untuk mengisi baterai sampai 80 persen di bawah satu jam.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Kabarnya Maruti Suzuki sedang menguji dua input pengisian daya. Untuk pengisian AC, disematkan di bagian depan. Sedangkan untuk input arus DC akan ditempatkan di sisi belakang.

Kemampuan fast charging ini memungkinkan untuk menambah nilai jual bagi Wagon R. Tingkat fleksibilitas juga akan dirasakan oleh para penggunanya. Unit yang digunakan sebagai uji coba hanyalah prototipe saja. Sementara versi final yang dijual akan memiliki tampilan berbeda.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Belum ada kabar pasti kapan tepatnya mobil listrik ini akan dibawa dan dipasarkan di Tanah Air. Menurut Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales divisi roda empat, Donny Saputra, pihaknya memiliki banyak teknologi ramah lingkungan. Hanya sedang menunggu aturan yang sesuai dari kebijakan pemerintah.

"Kami punya banyak kandidat, Ertiga diesel Hybrid, Swift Hybrid dan Karimun elektrik murni," ujarnya di Cikarang, Jawa Barat, Senin 22 Oktober 2018.

Bahkan, mobil listrik atau hibrida Suzuki sudah direncanakan untuk produksi lokal. Seperti yang disampaikan Presiden Direktur SIS, Seiji Itayama.

"Harus menunggu putusan terakhir dari pemerintah untuk melokalisasikan mobil listrik. Kami siap," katanya. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya