Ikut Balap, Toyota Habiskan Dana Sebesar Ini

Mobil balap Toyota Team Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Tim balap Toyota Tim Indonesia tahun ini akan didukung empat produk mobil, yakni New Agya, Yaris, Fortuner, dan FT 86. Keempat model ini sudah dirancang ulang, dengan spesifikasi yang dibutuhkan di lintasan balap.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, untuk membangun mobil berperforma tinggi sesuai dengan kebutuhan balap, diperlukan biaya yang tidak sedikit. 

"Untuk biaya, 80 persen dari TRD (Toyota Racing Development). Kami bersyukur, produk seperti Yaris dan Agya juga bisa dibuat untuk kebutuhan balap," ujarnya saat peluncuran formasi Toyota Team Indonesia 2019 di Jakarta, Rabu 13 Maret 2019.

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Dikatakan Soerjo, membangun mobil dengan spesifikasi dan kebutuhan balap, tidaklah mudah dan sekali jadi. Tim dari TRD dan TTI harus bekerja keras, untuk bisa mendapat pengaturan mobil yang sesuai, sehingga bisa mengantarkan pembalap menjadi juara di kelasnya masing-masing.

Selain itu, dalam satu tahun musim balap, biasanya tim menyiapkan lebih dari satu kendaraan untuk bisa ikut berkompetisi . Hal ini yang memerlukan dana besar.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

"Bayangkan harga Yaris, kalau disiapkan tiga mobil saja, itu harganya sudah ketahuan kan. Kemudian, mobil itu dirancang ulang dan dimodifikasi, agar sesuai tenaga dan segala macamnya. Yang jelas, bisa di atas Rp1 miliar (untuk pembelian mobil saja)," tutur Soerjo.

VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport berdiri sebagai raksasa SUV yang tak tertandingi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024