Pakai e-Money di Gardu Tol Gak Perlu Takut Kena Virus Corona

Sejumlah pekerja membersihkan papan nama di pintu masuk Gerbang Tol Tambun, di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA – Penerapan pembatasan aktivitas sosial untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19, nampaknya tidak bisa sepenuhnya dilakukan di Tanah air. Di Jakarta, meski sudah ada imbauan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, masih banyak yang melakukan aktivitas seperti biasa.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Jika biasanya beraktivitas menggunakan kendaraan umum, ada saja warga yang kini memilih menggunakan mobil pribadi. Alasannya tentu sama, mengurangi risiko tertular virus Corona terbaru, akibat penuh sesaknya angkutan umum.

Bagi pengguna mobil pribadi yang kerap memanfaatkan jalur tol saat beraktivitas, kini bisa merasa sedikit tenang. Pasalnya, Jasa Marga selaku pengelola jalan tol, juga melakukan pencegahan merebaknya virus tersebut.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Caranya, kata Dwimawan Heru yang menjabat Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, dimulai dari menjaga kebersihan lajur transaksi di setiap gerbang tol. Pengelola pemeliharaan peralatan tol Jasa Marga Group secara periodik membersihkan reader tapping uang elektronik dengan cairan disinfektan, yaitu minimal satu jam sekali.

 Baca juga: Honda Bikin Sedih Penggemar Motor Sport 250cc

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

"Sesuai dengan arahan Presiden dan Kementerian BUMN, pelayanan publik dalam hal ini operasional jalan tol tetap berjalan dengan normal. Untuk itu diperlukan mitigasi pengendalian Covid-19 di gerbang tol," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu 18 Maret 2020.

Selain itu, petugas yang berjaga juga dilengkapi alat pelindung diri (APD), berupa sarung tangan dan masker. Tak hanya itu, kata Heru, petugas juga disarankan untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer, serta dicek suhu tubuhnya pra tugas dan pasca tugas.

Petugas membersihkan area gerbang tol

"Kami harap dengan menggunakan sarung tangan dan masker, baik petugas CS maupun pengguna jalan mendapatkan perlindungan awal atas pandemi Covid-19 ini,” tambahnya.

Selain kebersihan gerbang tol, PT Jasamarga Related Business (JMRB), kata Heru, terus melakukan sosialisasi untuk mencuci tangan dengan benar dengan menyediakan pendukung berupa hand sanitizer di tempat-tempat strategis seperti di lokasi tenan, akses ke toilet hingga musholla.

“Kami juga sudah menggulung semua karpet musholla di seluruh rest area yang dilakukan secara bertahap sehingga pengguna jalan tidak perlu khawatir akan kebersihan saat beribadah. Kami mengimbau agar pengguna jalan membawa perlengkapan ibadah sendiri untuk meminimalisir penularan Covid-19,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya